Jalan Tengah (2)

Jalan Tengah
Hamdan Juhannis
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Hamdan Juhannis

Hajinews.id – Seorang bijak pernah bersabda tentang hukum energi yang terjadi pada manusia. Orang dengan energi lebih rendah cenderung meragukan, menyangkal, atau iri kepada yang lain. Orang  dengan energi yang setara cenderung menyukai, mengagumi, atau membenarkan yang lain. Orang dengan energi yang lebih tinggi cenderung memahami, mendukung, atau mentoleransi yang lain.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Energi adalah daya atau kekuatan untuk beraktifitas, berpikir, bertindak atau berprilaku. Energi pikir itulah yang membuat kita mampu berpikir pisitif tentang seseorang atau sesuatu. Demikian juga dengan berpikir negatif, sangat membutuhkan energi yang lebih tinggi, karena kata orang, untuk mengeluarkan energi negatif dibutuhkan lebih banyak lagi tenaga karena adanya konstalasi ketidakteraturan yang ingin diproduksi.

Itulah, untuk mendendam  membutuhkan energi yang lebih besar dibanding untuk berdandan. Padahal dendam hanyalah aktifitas batin dibanding dandan yang membutuhkan ongkos dan gerakan  fisik.

Kembali ke hukum energi di atas. Saya membaliknya, mengapa orang dengan energi yang lebih rendah cenderung iri atau kurang mempercayai yang lain. Karena orang itu sering menguras energinya untuk hal-hal yang negatif, jadinya mereka memiliki kekurangan stok energi dalam dirinya.

Mengapa orang yang memiliki energi yang setara cenderung mencintai atau mengagumi. Karena dari pertautan mereka terjadi keseimbangan energi, proses “take and give” yang merata, cara membangun persepsi yang seimbang, dan memberikan penilaian yang setara. Itulah yang disebut dengan “chemistry”.

Dan mengapa orang yang lebih tinggi energinya cenderung mendukung, mentoleransi, atau memahami. Menurut saya, karena mereka memiliki stok energi berlebihan. Mereka menyimpan banyak energi dalam dirinya. Mereka baru melepaskan energi bukan hanya pada hal-hal yang positif, tetapi saat melepaskannya tidak membutuhkan energi besar. Betapa sedikitnya energi yang dikeluarkan untuk sekadar memuji, dibanding untuk mengkritik. Betapa sedikitnya energi yang dikeluarkan untuk mendukung sebuah gagasan bernas dibanding menolaknya hanya karena gengsi.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *