Wow, Elektabilitas Tertinggi dalam Sejarah, NasDem: Sumbangan Ekor Jas Anies

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Lembaga survei Indikator Politik Indonesia melakukan jajak pendapat terhadap elektabilitas partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Hasilnya, Partai NasDem mengalami peningkatan elektabilitas yang paling signifikan dari Agustus 2022 hingga Maret 2023.

Menanggapi itu, Wakil Sekretaris Jenderal NasDem Hermawi Taslim mengatakan, meningkatnya elektabilitas NasDem karena ada sumbangan efek ekor jas Anies Baswedan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Tentu ada sumbangan efek ekor, jadi Anies karena kami sudah bawa Anies keliling Indonesia mulai Sumatra, Jawa, Kalimantan dan papua,” ujar Hermawi kepada Media Indonesia, Senin (27/3).

Hermawi menyebut NasDem akan terus meningkatkan konsolidasi dan koordinasi dengan seluruh perangkat partai dan para caleg.

“Kami telah melengkapi struktur hingga tingkat paling bawah, bersamaan proses finalisasi caleg seluruh Indonesia mulai 1-11 April 2023,” ungkap Hermawi.

Terpisah, pengamat politik SMRC, Saidiman Ahmad menyebut naiknya elektabilitas NasDem mengindikasikan bahwa Nasdem mulai terasosiasi semakin baik dengan Anies Baswedan.

“Partai ini mulai bisa menarik massa Anies. Konsekuensinya adalah berkurangnya suara partai lain yang juga menjadi pendukung Anies,” ujarnya.

“Ya. NasDem lebih mungkin menarik sebagian pemilih Demokrat dibanding PKS karena Demokrat dan Nasdem sebenarnya memiliki irisan ideologi yang besar. Kedua partai ini sama-sama nasionalis,” tambahnya.

Dalam beberapa bulan terakhir, kata Saidiman, NasDem cukup berhasil membangun kepercayaan pendukung koalisi perubahan.

Saidiman mengemukakan jika patokannya adalah publik yang kurang puas dengan kinerja pemerintah, maka potensi massa pendukung narasi perubahan itu sekitar 30 persen.

“Bagi partai, ini potensi suara yang cukup besar. Jika 50 persen saja bisa menarik pemilih dari kelompok ini, itu sudah 15 persen suara, sudah bisa menjadi pemenang kedua atau ketiga dalam pemilihan legislatif nanti,” tandasnya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *