Mengenal Nabeez, Minuman Favorit Rasulullah SAW yang Penuh Khasiat

Mengenal Nabeez
minuman Nabeez
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ternyata kurma tidak bisa langsung dimakan begitu saja. Infused water yang disebut nabeez merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat berpuasa.

Rasulullah SAW adalah teladan yang selalu menjadi pedoman bagi umat Islam. Banyak hal yang dilakukannya menjadi sunnah, yang juga dianjurkan bagi umat Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selain keteladanan akhlaknya, beberapa kebiasaan makan sehat juga bisa diterapkan untuk meraih berkah dan kesehatan sekaligus. Melalui berbagai hadits shahih banyak disebutkan makanan dan minuman favorit Nabi yang cocok untuk dikonsumsi sehari-hari.

Ternyata Rasulullah SAW memiliki cara makan kurma yang unik selain memakannya sebagai buah segar. Minuman bernama nabeez merupakan olahan kurma Nabi yang populer, yang memiliki banyak khasiat.

Mengutip The Cognate (26/3) nabeez atau nabidh atau nabeedh merupakan salah satu minuman favorit Rasulullah SAW. Minuman ini terbuat dari kurma atau kismis yang direndam di dalam sebotol air.

Nabeez bahkan disunnahkan untuk dikonsumsi umat Muslim karena disukai oleh Rasulullah dan dikonsumsi secara rutin. Nabeez bahkan tercatat dalam hadits shahih yang diriwayatkan oleh Muslim No. 4971:

Ibnu ‘Abbas menyebutkan bahwa nabeez disiapkan oleh Rasulullah pada malam hari dan akan diminum saat pagi hari, malam harinya, keesok paginya hingga sore hari. Jika ada yang tersisa, Rasulullah akan memberikannya kepada para budak maupun menuangkan untuk orang lain.

Nabeez juga disebut-sebut sebagai racikan air alkali alami yang dapat membantu menyimbangkan pH tubuh. Konsumsi nabeez dapat membantu mengeluarkan kotoran yang tertinggal dari proses metabolisme di dalam tubuh.

Jika mengonsumsinya secara rutin, nabeez dapat memberikan khasiat melancarkan pencernaan karena kandungan serat pada kurma yang begitu tinggi. Nabeez juga dianjurkan untuk dikonsumsi selama bulan ramadan karena dapat membantu menghidrasi tubuh setelah berpuasa seharian penuh.

Konsumsi nabeez saat sahur konon dapat memberikan energi yang lebih lama sehingga tak mudah lemas ketika menjalankan puasa. Nabeez mudah untuk dibuat sendiri di rumah, bahan-bahannya hanya butuh buah kurma dan sebotol air.

Cara membuat nabeez, pertama-tama siapkan 3-4 buah kurma untuk 1 gelas air. Masukkan air dan kurma pada wadah tertutup dan rendam selama semalaman. Nabeez yang direndam pada malam hari sudah bisa dinikmati keesokan paginya.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dari konsumsi nabeez. Nabeez tidak direndam terlalu lama karena akan terjadi proses fermentasi dan memproduksi alkohol. Nabeez hanya layak diminum maksimal 12 jam setelah perendamannya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *