Robert Kiyosaki Beberkan Cara Mencetak Uang Pakai Duit Orang Lain

Cara Mencetak Uang Pakai Duit Orang Lain
Robert Kiyosaki
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Banyak orang tidak tahu bahwa mereka dapat menggunakan uang orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi tanpa batas dengan cepat. Investor dan penulis terkenal Robert Kiyosaki mengungkapkan rahasianya untuk itu.

Sebelum melanjutkan ke langkah-langkahnya, pertama-tama kita harus membahas dasar-dasar perbedaan antara utang baik dan buruk. Kebanyakan orang menganggap utang adalah hal yang buruk. Namun menurut Robert, hal itu tidak benar.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Aturan uang yang baru mengharuskan hutang jika Anda ingin menjadi kaya. Syaratnya, utang itu haruslah utang baik,” tulis penulis buku ‘Rich Dad Poor Dad’ di situs web pribadinya, dikutip Rabu, (28/3/2023).

Adapun utang yang buruk menurut Kiyosaki adalah pinjaman yang digunakan untuk liabilitas, seperti mencicil mobil dan liburan, karena hal ini bukan prioritas kebutuhan dan nilainya menyusut seiring waktu.

Sementara utang yang baik digunakan untuk membeli aset yang memberi pemasukan uang tunai ke saku pribadi setiap bulan. Pinjaman lancar tersebut contohnya, pinjaman untuk properti investasi, modal ventura, dll.

“Ini adalah bentuk utang baik. Anda membutuhkan kecerdasan finansial yang tinggi untuk menggunakannya dengan tepat, tetapi ketika Anda melakukannya, Anda dapat mencetak uang lebih cepat,” kata dia.

Berikut adalah contoh skema menghasilkan uang lewat berhutang ala Robert Kiyosaki:

Harga pembelian satu aset properti sebesar US$100.000. Lalu tagihan tersebut dibayar memggunakan pinjaman sebesar US$80.000 dengan bunga 5%. Sisanya, US$20.000 dibayar tunai lewat uang pribadi.

Bila menghitung melalui kalkulator hipotek sederhana, biaya tahunan yang dikeluarkan untuk pinjaman ini sekitar US$8.500.

Bila diasumsikan pendapatan dari properti ini bernilai US$11.000 setahun, setelah pengeluaran dibayarkan, total pendapatan bersih yang diterima menjadi US$2.500 ($11.000 – $8.500). Maka, keuntungan investasi dari skema ini sebesar US$2.500 dibagi US$20.000 atau sebesar 12,5%.

Menurut Kiyosaki, keuntungan sebesar 12,5% tersebut termasuk di atas dari keuntungan rata-rata investasi gaya konvensional.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *