Hikmah Pagi: Cintai Sesama Muslim Sebagaimana Mencintai Diri Sendiri

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: KH. Dr. Haris Muslim, Lc. (Sekretaris Umum PP PERSIS)

عَنْ أَبِي حَمْزَةَ أَنَسٍ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – خَادِمِ رَسُوْلِ اللهِ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” لاَ يُؤْمِنُ أَحَدُكُمْ حَتَّى يُحِبَّ لِأَخِيْهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ ” رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ

Dari Abu Hamzah Anas bin Malik RA, pembantu Rasulullah SAW, dari Nabi SAW beliau bersabda, “Tidak sempurna keimanan salah seorang di antara kalian sehingga ia mencintai mampu saudaranya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari dan Muslim)[Shahih Bukhari, Hadits no. 13 dan Shahih Muslim, Hadits no. 45]

Cinta adalah kekuatan, seseorang akan melakukan apa saja demi yang ia cinta. Karenanya cinta kepada Allah SWT dan Rasulullah SAW adalah bukti dari keimanan. Sebab, jika sudah tertanam cinta kepadaNya maka seseorang akan menjadi hamba yang ta’at.

Kecintaan “Vertikal” sebagai spirit ruhani yang kuat, harus merdampak kepada kecintaan “horizontal” yaitu cinta pada sesama. Dan menjadi bagian kesempurnaan keimanan mencintai saudara sesama muslim, sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri.

Ibnu Rajab Al-Hambali berkata, “Di antara tanda iman yang wajib adalah seseorang mencintai saudaranya yang beriman lebih sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri. Ia pun tidak ingin sesuatu ada pada saudaranya sebagaimana ia tidak suka hal itu ada padanya. Jika cinta semacam ini lepas, maka berkuranglah imannya.” (Jaami’ Al-‘Ulum wa Al-Hikam, 1:305).

Wassalam.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *