Tantangan Anies Baswedan Sebagai Pemimpin Peradaban

Anies Baswedan Sebagai Pemimpin Peradaban
Anies Baswedan Sebagai Pemimpin Peradaban
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



3. Telah terjadi kerusuhan dan perang sosial yang masif.

Di negeri yang agama hanya menjadi wacana, sementara keduniawian menjadi segalanya. Maka
mental dan karakter yang terbentuk pada rakyatnya, hanya menjadikan manusia sebagai hewan yang paling buas. Ketika kejahatan ditempatkan sebagai pemimpin dalam negara dan masyarakat, kehidupan negara akan selalu dipenuhi tradisi korupsi berjamaah, berbangga pada penghianatan dan saling membunuh sesama anak bangsa. Agama dinista ulama dihina, sementara pendusta dijadikan terhormat dan dipuja. Negara telah menjadi paripurna sebagai pusat prahara dan durjana.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dengan situasi dan kondisi yang sedemikian rupa, menjelang transisi kekuasaan dan bergantinya kepemimpinan nasional. Maka figur Anies yang menguat sebagai capres pada pilpres 2024, diharapkan membawa harapan perubahan yang mampu menuntun Indonesia sebagaimana keingin para “the founding parents” dan cita-cita proklamasi kemerdekaan.. Tak cukup hanya kapabilitas dan integritas, Anies yang dikenal sebagai pemimpin cerdas, santun dan berwibawa juga mengandalkan kesolehan sosial yang lekat menempel pada dirinya.

Indonesia yang telah amburadul dan berantakan, menjadi tantangan buat manusia sekaligus pemimpin semacam Anies. Rekonstruksi Indonesia mutlak dilaksanakan. Meminjam istilah Bung Karno menjebol dan membangun, seperti itulah revolusi dibutukan untuk negara yang telah bobrok karena nekolim dan ulah segelintir bangsanya. Bukan cuma prestasi dan penghargaan yang mutlak yang menjadikan pemimpin itu baik dan amanah. Bukan pula performans apalagi sekedar tampang dan mulut-mulut berliur manis penuh janji. Tapi yang pertama dan utama adalah pada kekuatan akhlak yang menjadikan seorang pemimpin itu membawa suatu negara bangsa dekat pada kemaslahatan. Kemuliaan akhlak yang bisa memimpin untuk mencapai kemaslahatan. Tak ubahnya seorang Anies Baswedan yang akan menerima tantangan sebagai pemimpin peradaban bagi Indonesia yang lebih baik.

Wallahu a’lam bishawab.

Dari pinggiran catatan labirin kritis dan relung kesadaran perlawanan.

Bekasi Kota Patriot.
7 April 2023/16 Ramadhan 1444 H.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *