Prof Quraish Shihab: Ini Doa yang Perlu Dibaca Hingga Akhir Ramadan

Doa yang Perlu Dibaca Hingga Akhir Ramadan
Prof Quraish Shihab
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Cendekiawan Muslim Indonesia, Prof. Muhammad Quraish Shihab mengungkapkan bahwa ada 4 hal yang harus dilakukan seorang Muslim selama Ramadan. Rasulullah pernah bersabda bahwa ada satu malam di bulan Ramadan yang lebih indah dari seribu malam, yaitu Lailatul Qadar.

“Pada bulan ini hendaklah seorang muslim melakukan empat hal. Dua dari yang empat itu kalau dilakukan maka menjadikan Allah ridha, dan dua lagi jangan sampai tidak lakukan. Dua hal yang menjadikan Tuhan ridha yakni hendaklah bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan memohon maghfirahnya (ampunannya). Dan dua hal yang jangan sampai tidak dilakukan pada bulan ini adalah memohon agar memperoleh surga dan terhindar dari neraka,” tuturnya dalam Youtube Quraish Shihab, Jumat (31/3/2023) lalu dikutip NU Online, Kamis (6/4/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut pendiri Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) itu, hingga akhir Ramadan orang-orang tua dahulu biasanya jika sudah menjelang berbuka selalu membaca doa, asyhadu an laa ilaaha illallah, astaghfirullah, nas’alukal jannata wa na’udzubika minan nar. Yang dibaca itu, sebenarnya hadistnya dari situ, kata Prof Quraish.

Dia menerangkan, seorang muslim boleh jadi membacanya, tapi persoalannya belum banyak yang paham maksudnya. “Jadi kita cuma membaca padahal sebenarnya tidak semudah itu Allah meridhai jika dibaca begitu saja. Tidak semudah itu mendapatkan surga hanya dengan berdoa, ya Allah kasih saya surga dan hindarkan dari neraka,” ungkap Prof Quraish.

Kemudian ia juga menjelaskan bahwa istighfar berasal dari kata ghafara yang berarti menutup. Sifat Allah yang berkaitan dengan kata ghaffar itu bermacam-macam, ghaffar, ghafur, ghafir, dan lain-lain. Ada sinonim dari ghaffar tetapi tidak masuk dalam asmaul husna yaitu satir sattar.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *