Stasiun Tv India WION News: Indonesia Dijebak Utang Sama China

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Stasiun televisi India menyebutkan Indonesia terkena jebakan China atas utang yang ditanggung dan tak tercatat secara resmi.

Hal ini terungkap dalam sebuah video Wion News saat melakukan siaran dan tersebar di media sosial, seperti yang hajinews lihat, Sabtu (15/4/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut stasiun tv tersebut, ada banyak negara yang menjadi korban skema pinjaman rahasia, mereka menyebutnya ‘pinjaman tersembunyi dari China’, contohnya keputusan Indonesia dalam kesepakatan dengan China di proyek kereta api cepat adalah ide buruk. Secara resmi Indonesia memiliki pinjaman sebesar 4,5 miliar USD kepada China di proyek itu yang kemudian membengkak menjadi 8 miliar USD namun ternyata Indonesia berutang hampir 23 miliar dengan 18 miliar dollar dari utang ini merupakan utang tersembunyi alias tidak tercatat dalam pembukuan resmi.

“Secara tak resmi, Indonesia berutang ke China mendekati 23 miliar dollar, dengan 18 miliar dollar utang tersembunyi. 78 persen utang Indonesia ke China Siapa yang mengambil pinjaman ini? Pemerintah Indonesia dan ini adalah pinjaman yang sangat beresiko,” ujar penyiar Wion News.

Pinjaman itu diberikan tanpa jaminan negara, jika peminjam bangkrut pemerintah Indonesia akan menghadapi tekanan untuk menyelamatkannya.

“Mereka harus mengembalikan utangnya, ini jebakan,” katanya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *