Dua Makna Safari Senyap Anies Baswedan di Jatim

Safari Senyap Anies Baswedan di Jatim
Safari Senyap Anies Baswedan di Jatim
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idAnies Rasyid Baswedan melakukan safari senyap di Jawa Timur. Kandidat presiden yang diusung Partai Nasional Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera, dan Partai Demokrat ini mengunjungi sejumlah lokasi, antara lain Pondok Pesantren Langitan di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban; Kabupaten Magetan; makam Bung Karno di Blitar; dan sebuah rumah di Desa Tegalsari, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo.

Sejak awal Ramadhan, Anies berkunjung ke setidaknya 25 kota dan kabupaten. “Selama awal Ramadan hingga saat ini, saya menjalani tirakat yang kini berujung di Tegalsari,” ungkap Anies Baswedan di hadapan awak media, Kamis (13/04/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Moch. Eksan, penulis buku Kerikil di Balik Sepatu Anies, menyebut safari itu sejatinya adalah jalan pulang Anies ke tanah leluhur di Jawa Timur. Ini bukan sekadar urusan politik. Ada dua pemaknaan terhadap safari itu, yakni upaya untuk mendengarkan aspirasi rakyat dan sebuah ikhtiar untuk meneguhkan kembali ikatan kultural yang lama terbangun dan menjadi bagian dari sejarah personal Anies.

Pesantren menjadi titik perhatian Anies, karena pentingnya posisi pesantren sebagai lembaga dakwah, lembaga pendidikan, dan lembaga pemberdayaan masyarakat. “Semua itu dimaknai untuk ngangsu kaweruh soal-soal yang berkaitan dengan berbagai hal, termasuk soal pesantren. Dia ingin mendalami kira-kira apa yang akan dilakukan jika ditakdir Allah untuk menjadi presiden Republik Indonesia 2024-2029,” kata Eksan.

Khusus pesantren, banyak aspirasi yang berkembang setelah lahirnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. “Ini bukan undang-undang macan kertas. Tapi secara afirmatif harus ada kebijakan yang mendukung peningkatan peran dan kualitas partisipasi pesantren dalam pembangunan nasional kita,” kata Eksan.

Safari senyap Anies ini melengkapi upaya komunikasi intensif dengan kalangan nadhliyyin. Sebelumnya sejumlah kiai dan ulama diundang ke Nasdem Tower untuk bertemu. Sebagai seorang yang banyak bergerak di bidang pendidikan, Anies memahami bahwa pesantren adalah soko guru pendidikan di Indonesia.

“Semua perguruan tinggi di Indonesia jauh lebih muda daripada pesantren-pesantren besar yang sudah lama mengakar. Semua mengakui bahwa Islamic boarding school seperti pesantren lebih efektif daripada fullday school,” kata Eksan.

Anies ingin menjadikan pesantren kekuatan inti pendidikan nasional. “Beliau ingin back to basic tanpa mengabaikan inovasi dan kreasi agar pesantren tumbuh dan berkembang lebih besar daripada hari ini,” kata Eksan.

Kepedulian Anies terhadap dunia pesantren sudah ditunjukkannya saat menjadi gubernur DKI Jakarta. “Dia merevisi dan memperluas manfaat Kartu Jakarta Pintar dalam bentuk Kartu Jakarta Pintar Plus untuk semua anak usia sekolah (6-21 tahun), yang juga dapat digunakan untuk Kelompok Belajar Paket A, B dan C, pendidikan madrasah, pondok pesantren, dan kursus keterampilan, serta dilengkapi dengan bantuan tunai untuk keluarga tidak mampu,” kata Eksan.

Tak hanya urusan pendidikan, dari pertemuan dengan para kiai dan kalangan pesantren, Anies juga menyerap isu-isu sosial di luar masalah keagamaan, seperti isu sektor pertanian. “Orang-orang pesantren juga mengeluhkan harga pupuk yang mahal dan harga produk pertanian yang turun ketika panen raya.Beliau menyerap itu semua,” kata Eksan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *