Hikmah Malam: Baca Alquran Cepat Agar Lekas Khatam, Bagaimana Kaidahnya? ​

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Saat Ramadan, masjid dan surau banyak memperdengarkan bacaan Alquran. Para pembacanya adalah jemaah yang merupakan warga sekitar masjid dan surau itu.

Masyarakat mengisi waktu malam usai Tarawih ataupun pagi hari usai Sholat Subuh dengan membaca Alquran secara bergantian. Harapannya bisa mengkhatamkan Alquran sampai beberapa kali.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Tentu, setiap orang ingin mengkhatamkan Alquran lebih dari satu kali selama Ramadan. Sehingga mereka berusaha mempercepat bacaan Alqurannya supaya lekas khatam.

Lantas, bagaimana sebenarnya ketentuan membaca Alquran?

Dikutip dari Islami.co, mengkhatamkan Alquran sudah menjadi tradisi umat Islam khususnya di Indonesia. Mereka berlomba-lomba meraih keberkahan dengan memperbanyak khatam Alquran.

Terkait dengan tingkat kecepatan membaca agar lebih banyak khatam Alquran, terdapat kaidah mengenai hal ini. Seperti disebutkan dalam hadis riwayat Bukhari.

Dari Abdullah bin Amr رضي الله عنه ia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Bacalah seluruh Alquran dalam sebulan.’ Aku berkata, ‘Sesungguhnya aku mampu (untuk melakukan lebih dari itu).’ Rasulullah ﷺ pun bersabda, ‘Maka bacalah dalam seminggu dan janganlah menyelesaikannya kurang dari jangka waktu ini.’

Sementara tempo bacaan Alquran terbagi menjadi empat dengan tetap memperhatikan kaidah tajwid. Keempatnya yaitu At Tahqiq, At Tartil, At Tadwir, dan Al Hadr.

At Tahqiq adalah membaca Alquran dengan tempo lambat, biasanya ditunjukkan mereka yang masih belajar. Di atasnya ada At Tartil, sedikit lebih cepat namun tenang.

Di atas At Tartil ada At Tadwir dengan tempo lebih lebih cepat sedikit dan tertib tajwid. Paling atas ada Al Hadr, yaitu membaca tercepat Alquran namun tetap sesuai kaidah tajwid.

Meski demikian, para ulama sepakat kaidah membaca Alquran secara At Tartil adalah yang terbaik. Hal ini seperti dalam firman Allah ﷻ pada Surat Al Muzammil ayat 4.

” atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Alquran itu dengan perlahan-lahan.”

🌐 Selengkapnya: https://islami.co/bolehkah-membaca-al-quran-dengan-tempo-cepat-agar-cepat-khatam/

​​​​​​​​​​​​​​​

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *