Hadits ‘Vs’ Ulama Dalam Masalah Kirim Pahala Kepada Mayit

Hadits ‘Vs’ Ulama
Hadits
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq

Hajinews.id – Pembahasan yang rame dan tidak pernah kehilangan daya tarik untuk dibahas dan diulas salah satunya adalah masalah kirim-kirim pahala untuk mayit, baik itu yang bentuknya dzikir, bacaan Qur’an atau sedekah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Antara pihak yang pro dan yang kontra bila sudah terlibat debat, serunya bukan main. Benar-benar tontonan yang tak kalah serunya dibandingkan pertarungan gaya bebas di atas ring tanding. Yang mana biasanya pemenangnya sekalipun babak belur, apalagi yang kalah, jangan tanya lagi, bonyok.

Namun, sebagai orang yang akalnya sehat, sudah seharusnya kita kembali mengingat, yang layak di dengar suaranya itu hanyalah mereka yang memang sudah sepantasnya berbicara, dan dalam masalah ini siapa lagi kalau bukan para ulama.

Mereka yang memang sehari-harinya bekerja membedah ilmu dengan acuan yang baku. Dengan tata aturan yang standar.

Kembali kemasalah pokok, bila kita perhatikan, yang lazim dan bisa ditransfer untuk arwah orang yang telah meninggal dunia itu biasanya hanya ada 3 (tiga) : Doa, Sedekah, dan bacaan al Qur’an.

Dan dari tiga hal tersebut, ternyata dua-nya ulama telah bersepakat bulat tanpa perbedaan pendapat bahwa itu dibolehkan, yakni mengirim doa dan pahala sedekah untuk mayit.

Hanya di poin ketiga, -yakni bacaan al Qur’an untuk mayit – yang diperbeda pendapatkan oleh para ulama.

Lho koq bisa ? Kan dalam sebuah hadits yang sangat populer dengan tegas disebutkan :

إِذَا مَاتَ ابنُ آدم انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثٍ: صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أو عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Apabila seorang anak Adam meninggal, maka akan terputus amalannya kecuali tiga perkara : shadaqah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau anak shalih yang mendoakan kepadanya.” (HR. Muslim)

Dzahir hadits tersebut secara gamblang menafikan semua praktek mengirim amal shalih untuk mayit kecuali dari tiga sumber yang disebutkan dalam hadits yakni shadaqah mayit semasa hidup, ilmunya, dan anaknya.

Sedangkan point yang disebutkan ulama di atas tidak ada satupun yang nyantol. Kalu toh doa bisa masuk kedalam kategori, ternyata doanya haruslah doa dari anak si mayit bukan dadi ornag lain, itupun tidak sembarang anak, harus anak shalih.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *