Kultum 89: Peringatan bagi yang Suka Begadang Melewatkan Salat Subuh 

Suka Begadang Melewatkan Salat Subuh 
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Para ulama menasihati bahwa orang yang telah lalai menunaikan ibadah Salat Subuh karena begadang, hendaknya segera menyadari dosanya. Mereka menyerukan bagi pelakunya untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wata’ala. Mereka juga menasehati agar yang bersangkutan bersujud kepada Allah dan memulai harinya dengan mengerjakan Salat .

Di samping itu, Salat adalah amalan yang pertama kali dihisab pada hari kiamat. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ

الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ

فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ

خَابَ وَخَسِرَ فَإِنْ انْتَقَصَ مِنْ فَرِيضَتِهِ

شَيْءٌ قَالَ الرَّبُّ عَزَّ وَجَلَّ انْظُرُوا هَلْ

لِعَبْدِي مِنْ تَطَوُّعٍ فَيُكَمَّلَ بِهَا مَا

انْتَقَصَ مِنْ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ يَكُونُ

سَائِرُ عَمَلِهِ عَلَى ذَلِكَ

Artinya:

Sesungguhnya pertama kali amal hamba yang akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik, maka dia beruntung dan sukses, namun jika shalatnya rusak, maka dia gagal dan rugi. Jika ada sesuatu kekurangan dari shalat wajibnya, maka ar-Rabb (Allah) Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Perhatikan (wahai para malaikat) apakah hamba-Ku ini memiliki shalat tathowwu’ (sunah), sehingga kekurangan yang ada pada shalat wajibnya bisa disempurnakan dengannya!”. Kemudian seluruh amalannya akan dihisab seperti itu (HR. Ibnu Majah, no. 1425; Tirmidzi, no. 413; lafazh ini juga milik Imam Tirmidzi; dishohihkan oleh Syeikh Al-Albani).

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat kita untuk bersyukur karena dijadikan Allah hamba yang berIslam dan beriman, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                   

—ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *