Apakah Semua Habib atau Keturunan Nabi Dipastikan Masuk Surga? Ini Kata UAS

Semua Habib atau Keturunan Nabi Dipastikan Masuk Surga?
UAS
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Arti kata Habib sering dikaitkan dengan keturunan Nabi Muhammad. Habib di Indonesia cukup banyak. Organisasi yang mengontrol dan mendaftarkan keturunan Nabi di negara tersebut adalah Rabithah Alawiyah.

Seorang muslim harus menghormati dan mencintai keluarga dan keturunan Rasulullah SAW. Hal ini sesuai dengan himbauan Rasulullah SAW kepada umatnya, selain merupakan perintah Allah SWT.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sebagai keturunan Nabi, Habib memang menjadi contoh teladan yang mencerminkan akhlak mulia Nabi Muhammad. Rabithah Alawiyah yang dipimpin oleh Habib Zen bin Smith juga menegaskan bahwa akhlak menjadi salah satu alasan utama mengapa keturunan Nabi disebut Habib.

Fenomena keturunan nabi yang tak mencerminkan akhlak Rasulullah SAW sering ditemukan di Indonesia. Bahkan ada yang menganggap bahwa seorang habib akan mendapat syafaat di akhirat kelak meskipun ia menyimpang dari agama.

Hal tersebut menjadi pertanyaan dari salah seorang jemaah yang mengikuti kajian Ustaz Abdul Somad (UAS).

“Apakah semua keturunan Rasulullah SAW (habib) atau syarifah akan dipastikan masuk surga  walau di dunia dia tidak mentaati perintah Allah?” tanya jemaah tersebut yang dibaca UAS, dikutip dari YouTube Tanya Ustadz Abdul Somad, Kamis (4/5/2023).

Jawaban UAS

UAS mengutip satu hadis shahih untuk menjawab pertanyaan tersebut. “Seandainya Fatimah anak Muhammad mencuri, aku yang akan memotong tangannya,” demikian bunyi hadis yang disampaikan UAS.

Berdasarkan hadis tersebut, UAS menegaskan bahwa hukum dalam Islam berlaku bagi siapapun, termasuk keturunan Rasulullah SAW sekalipun. Artinya, tidak semata-mata keturunan nabi memiliki kekebalan hukum atas hukum-hukum yang ditetapkan Allah SWT.

“Hukum berlaku bagi keturunan Nabi Muhammad SAW,” kata UAS.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *