Surat Yasin untuk Orang Sakit, Keutamaan dan Cara Membacanya

Surat Yasin untuk Orang Sakit
Surat Yasin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id Surat Yasin merupakan salah satu surat dalam Alquran yang terdiri dari 83 ayat. Berbagai riwayat menyebutkan bahwa Surat Yasin memiliki keutamaan, salah satunya adalah dapat membantu orang sakit.

Ya, umat Islam dianjurkan untuk membacakan surat Yasin kepada orang sakit agar cepat sembuh. Lantas bagaimana cara membaca surat Yasin untuk orang sakit? Lihat penjelasan di bawah ini.

Cara Membaca Surat Yasin 

  1.  Pertama dianjurkan untuk berwudhu sebelum membaca surat Yasin,
  2. Kemudian menghadap kiblat, dan
  3. Bertawasul Al-Fatihah pada Nabi Muhammad SAW.
  4. Baca Surat Al-Fatihah
  5. Tawasul Al Fatihah pada para Nabi, para Rasul, Orang-orang saleh dan Pemimpin Wali Syeikh Abdul Qadir Al Jailani
  6. Bertawasul untuk orang yang sakit atau orang yang sudah meninggal (ahli kubur)
  7. Membaca surat Yasin
  8. Membaca Doa Setelah Baca Surat Yasin

A’udzu billahi minasyithonirrajiim. Bismillahirrahmanirrahim. Alhamdulillahi rabbil ‘alamiina hamdasy syakiriina hamdan na’imin hamdan yuwaa fini’amanu wayukaafiu maziidah, yaa rabbana lakal hamdu kamaa yanbaghii lijalaali wajhikak wa ‘adhiimi sulthoonika. Subhaanaka laa nuhshii tsnaa an ‘alaika anta kamaa atsnaita ‘alaa nafsika falakal hamdu qabla ridhoo walakal hamdu ba’dar ridhoo walakal hamdu idzaa radhaita ‘annan daaiman abadan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Artinya:
“Aku berlindung kepada Allah dari setan yang dilontar. Dengan nama Allah yang maha pengasih, lagi maha penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seru sekalian alam sebagai pujian orang yang bersyukur, pujian orang yang memperoleh nikmat sama memuji, pujian yang memadai nikmat-Nya, dan pujian yang memungkinkan tambahannya. Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji sebagaimana pujian yang layak bagi kemuliaan dan keagungan kekuasaan-Mu.”

Itulah tata cara baca surat Yasin, dianjurkan baca surat Yasin pada hari Jumat atau hari-hari lainnya. Adapun anjuran baca surat Yasin di hari Jumat tertuang dalam hadis berikut ini:

“Barang siapa membaca surat Yasin dan Al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud).

Keutamaan Baca Surat Yasin

Disebutkan di atas bahwa salah satu keutamaan surat Yasin yaitu membantu menyembuhkan orang sakit. Namun selain itu, ada juga keutamaan lainnya.

Adapun beberapa keutamaan membaca surat Yasin lainnya yaitu meningkatkan keimanan kepada Allah SWT sebagaimana dalam hadis Rasulullah berikut ini:

“Surat Yasin adalah jantung Alquran. Dan siapa yang membaca Yasin akan diberikan pahala sama seperti 10 kali membaca Alquran,” (HR At-Tirmidzi dan Ad-Darimi).

Keutamaan lainnya yaitu dipermudah ajalnya. Dan saat meninggal, orang tersebut akan meninggal dalam keadaan syahid. Ini tercantum dalam hadis Rasullah SAW yang bunyi hadisnya sebagai berikut:

Dari Anas bin Malik, Rasulullah SAW berkata: “Barang siapa yang membiasakan membaca Yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid,” (HR At-Thobroni).

Selain itu, keutamaan membaca Yasin juga yakni akan diampuni dosa-dosanya. Ini termaktub dalam hadis Rasulullah SAW yang bunyi hadisnya seperti berikut ini:

Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW berkata: “Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridaan Allah maka diampuni dosa-dosanya,” (HR At Thabrani dan Al-Bayhaqi).

Demikian ulasan mengenai surat yasin untuk orang sakit lengkap dengan keutamaan dan cara bacanya. Semoga bermanfaat!

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *