Jokowi Sebut Perdagangan Segitiga Emas RI-Thailand-Malaysia Kebal Krisis

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan tingkat tinggi dengan pimpinan Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT). Jokowi membeberkan kerja sama ekonomi antar tiga negara telah menghasilkan volume perdagangan hingga US$ 618 miliar atau sekitar Rp 9.084 triliun di tengah krisis global.

Jokowi mengungkapkan kerja sama segitiga emas antara ketiga negara telah berlangsung sejak 30 tahun dan berpengaruh kepada 85 juta penduduk di ketiga negara.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Dalam usianya ke 30 tahun, IMT-GT jadi kerja sama segitiga emas bagi 85 juta penduduk di 3 negara. Meskipun dilanda krisis global, volume perdagangan IMT GT berhasil mencapai US$ 618 miliar di 2021,” ujar Jokowi dalam pembukaan pertemuan yang disiarkan virtual, Kamis (11/5/2023).

Dalam pertemuan tingkat tinggi itu, Indonesia diwakili langsung oleh Jokowi, Malaysia diwakili langsung oleh PM Anwar Ibrahim, sementara Thailand diwakilkan oleh Menteri Keuangan H.E. Arkhom Termpittayapaisith. Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn dan Presiden ADB Masatsugu Asakawa juga hadir dalam pertemuan itu.

Lebih lanjut, Jokowi mengungkapkan perhimpunan IMT-GT harus mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Kembali lagi Jokowi juga mengingatkan kondisi ketidakpastian masih menjadi masalah utama perekonomian dunia, termasuk dampaknya ke ASEAN.

“IMT-GT ke depan harus mampu mendorong percepatan pertumbuhan inklusif dan berkelanjutan. Karen tantangan ke depan tak mudah, ketidakpastian masih tinggi, rivalitas tajam, dan efek domino goncangan ekonomi global masih terus mengancam,” ungkap Jokowi.

“Mari kobarkan semangat kolaborasi dan peningkatan daya saing, konektivitas, pariwisata, dan investasi untuk capai visi IMT GT 2036,” tutup Jokowi dalam sambutannya.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

0 Komentar