Kisah Sang Pemabuk yang Masuk Surga sambil Tertawa

Sang Pemabuk yang Masuk Surga sambil Tertawa
Sang Pemabuk yang Masuk Surga sambil Tertawa
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Rasulullah SAW punya banyak sahabat, salah satunya pemabuk dan lucu. Menurut cerita, dia masuk surga sambil tertawa.

Pemabuk yang masuk surga tertawa adalah Nu’aiman bin Amru bin Rafaah. Mengutip buku Ternyata Kita Tak Pantas Masuk Surga karya H Ahmad Zacky El-Syafa, Nu’aiman dikenal sebagai sosok yang humoris.

Sehingga dalam sebuah riwayat Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ia akan masuk surga dengan tertawa.”

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ia merupakan sahabat Nabi Muhammad SAW yang banyak mengikuti peperangan.

Keseharian Nuaiman yang Suka Mabuk

Ibnu Kharis (Ustad Ahong) dalam buku Islam Kafah Bukan Ajaran Penuh Amarah menukil riwayat Imam Ibnu Hajar dalam Kitab Fathul Bari yang menceritakan bahwa pada zaman Rasulullah SAW ada seorang sahabat dan anaknya yang suka mabuk.

Menurut ulama, sahabat tersebut bernama Nu’aiman dan anaknya yang bernama Abdullah dihukum karena mabuk.

Riwayat ini menjadi kuat menurut Ibnu Abdil Barr sebab ada riwayat al-Zubair bin Bakkar dari Muhammad bin Amr bin Hazm, ia bercerita “Saat itu di Madinah ada seorang lelaki yang selalu mabuk. Ia diantar bertemu Rasulullah SAW, kemudian Rasulullah SAW memukulnya dengan sandal. Para sahabat pun disuruh Rasulullah SAW memukulnya dengan sandal dan ditaburi debu. Saat sudah banyak debunya, seorang sahabat melakukan sumpah serapah, “Semoga Allah melaknatmu.”

Namun Rasulullah SAW yang mendengar hal tersebut segera menegur orang itu, “Jangan begitu, walaupun dia pemabuk, tapi dia mencintai Allah dan Rasul-Nya.”

Dalam riwayat lain, Nu’aiman dan anaknya bukan hanya sekali mabuk. Menurut Imam Ibnu Abdill Barr, Nu’aiman mabuk sebanyak lebih dari 50 kali. Ia pun dihukum berkali-kali oleh Rasulullah SAW dan sahabat lainnya. Namun, Nu’aiman memiliki sifat jenaka yang selalu membuat Rasulullah SAW terhibur.

Kisah Jenaka Nu’aiman saat Jual Temannya

Merangkum artikel Hikmah detikcom, Nu’aiman pernah berulah sampai-sampai membuat Rasulullah SAW tersenyum hingga nampak gigi gerahamnya. Diceritakan, pada suatu hari Nu’aiman pernah diajak berdagang oleh Abu Bakar Ash-Shiddiq bersama sahabat yang lain untuk pergi ke negeri Syam. Salah satunya ada Suwaibith bin Harmalah.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *