Jemaah Haji Wajib Tahu! Ini Doa Selesai ihram, Ketahui Juga Larangannya

Doa Selesai ihram
Doa Selesai ihram
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kurang dari sebulan lagi, bulan Dzulhijjah bagi umat Islam akan dimulai. Bulan ini juga dikenal sebagai bulan haji. Muslim dari seluruh dunia yang mampu melakukan perjalanan ke Tanah Suci bersama-sama melakukan ibadah rukun kelima, ibadah Haji.

Puncak ibadah haji adalah Wukuf di Padang Arafah yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah pada setiap musim haji.

Rangkaian ibadah haji tentunya sudah diketahui calon jamaah haji karena mereka mengikuti manasik haji sebelum berangkat ke Tanah Suci. Jika tidak ada halangan, pemberangkatan kloter I musim haji 1444 H/2023 M akan dimulai pada 24 Mei 2023.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Para calon jemaah haji selain mempersiapkan fisik dan mental juga harus membekali diri dengan pengetahuan seputar pelaksanaan ibadah haji. Salah satu yang harus dipahami adalah rukun ibadah haji berupa ihram. Apa itu ihram? Dan bagaimana bacaan doa selesai berihram? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

Apa itu Ihram?

Ihram merupakan rukun haji yang penting dipahami oleh setiap Muslim, terutama yang hendak melaksanakan ibadah tersebut. Ihram merupakan niat untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji yang ditandai dengan beberapa amalan haji. Ihram adalah kondisi ketika seseorang berniat untuk melakukan ibadah haji. Ihram ini dilakukan pada miqat-miqat yang telah ditetapkan dalam ketentuan ibadah haji.

Niat ihram sangatlah penting dalam mengawali rangkaian ibadah haji. Niat inilah yang membedakan suatu perbuatan bernilai ibadah atau tidak. Niat jugalah yang membedakan ibadah satu dengan ibadah yang lainnya.

Ihram dalam ibadah haji dilakukan sebelum pergi ke miqat dan diakhiri dengan tahallul atau kegiatan mencukur rambut minimal tiga helai. Apabila seorang jemaah haji sudah berihram, maka ia harus mengikuti segala peraturan dan ketentuan yang berlaku dalam melaksanakan rangkaian ibadah haji.

10 Hal yang Dilarang Setelah Berihram

Apabila seorang jemaah haji sudah berihram, maka berlakulah segala peraturan dan larangan baginya. Terdapat beberapa larangan yang perlu diketahui. Sebab apabila larangan itu dilanggar, maka bisa menyebabkan batalnya ibadah haji. Adapun hal-hal yang dilarang setelah berihram adalah sebagai berikut.

Menurut Syekh Abu Syuja dalam Kitab Taqrib, terdapat sepuluh larangan dalam ibadah haji. Jemaah haji yang melanggar larangan-larangan ini akan dikenakan sanksi atau denda. Larangan ini berlaku sejak jemaah haji melakukan ihram hingga selesainya seluruh rangkaian ibadah hajinya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *