MASYAALLAH, UAS Menjelaskan Soal Baca Surat Yasin pada Malam Jumat, Ternyata Banyak Keutamaan yang Jarang Diketahui

Baca Surat Yasin pada Malam Jumat
Ustadz Abdul Somad
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Jangan ragu ada hadits yang menjelaskan keutamaan membaca Surat Yasin pada malam Jumat menurut hukum Syariah dan Rasulullah SAW.

Banyak orang yang sering mengamalkan bacaan Surat Yasin pada malam Jumat untuk mendapatkan berkah dari Allah SWT. Bahkan, surah ini didedikasikan untuk keluarga atau kerabat yang telah meninggal.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dalam hal ini, Ustadz Abdul Somad menyatakan bahwa membaca Al-Quran Surat Yasin pada malam Jumat terdapat keutamaan dan fadhilah.

Tak hanya malam Jumat, Ustadz Abdul Somad juga memaparkan hadits Rasulullah SAW tentang keutamaan membaca surat Yasin pada malam-malam lainnya.

Ustadz Abdul Somad menerangkan, sunnah Rasulullah SAW itu terbagi menjadi tiga bagian yakni, perkataan, perbuatan, dan diam yang menunjukkan setujunya nabi terhadap suatu perkara yang dilakukan.

Lanjut Ustadz Abdul Somad, Rasulullah SAW memang tak membaca Yasin tapi nabi pernah mengatakan dalam suatu riwayat “Siapa yang membaca surat Yasin dalam suatu malam, maka ketika ia bangun pagi hari diampuni dosanya,”. terang Ustadz Abdul Somad.

Untuk itu, Ustadz Abdul Somad menjelaskan sebagian kalangan ada yang mengambil malam mulia yakni, bertepatan dengan malam Jumat.

Karena, dalam hadist yang disampaikan Rasulullah SAW, sunnahnya membaca Surat yasin itu pada malam hari. Namun, untuk rincian malam apa yang dianjurkan tidak disebutkan langsung.

“Yang disebutkan malam tapi tidak disebutkan malam apa. Jadi mau malam apa saja bebas. Bagusnya setiap malam. Tapi banyak yang mengambil di waktu yang pas yakni malam Jumat,” ujar Ustadz Abdul Somad.

Sementara, banyak dikatakan di dalam riwayat mengenai keutamaan membaca Surat Yasin. Salah satunya, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya segala sesuatu itu mempunyai kalbu (inti), dan kalbu Al Quran adalah surat Yasin

“Barang siapa yang membacanya, maka Allah catat baginya karena bacaan surat Yasin itu pahala membaca Al Quran sepuluh kali,” (Imam Tirmidzi mengatakan bahwa hadis ini garib, yang tidak dikenalnya melainkan melalui hadis Humaid ibnu Abdur Rahman).

Adapun keutamaan lain yakni, sebagian ulama mengatakan ketika dibacakan dalam keadaan yang sulit, maka Allah akan memudahkannya. Misalnya saat dibacakan pada orang yang sedang menghadapi sakaratul maut agar dimudahkan rohnya keluar. *

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *