Syekh Ali Jaber: Orang Miskin Bakal Masuk Surga Duluan, Kenapa?

Orang Miskin Bakal Masuk Surga Duluan
Syekh Ali Jaber
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Kekayaan kerap dijadikan ukuran kebahagiaan. Bahkan, Syekh Ali Jaber pernah mengatakan bahwa orang miskin masuk surga terlebih dahulu.

Selain itu, Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW selalu berdoa untuk menjadi orang miskin.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Rasulullah saja berdoa, Allahumma ahyiini miskiina wa tawaffani miskiina, wahsyurni ma’azumrotin masakin,” kata Syekh Ali Jaber, sebagaimana dikutip YouTube Muslim-saluran dakwah pada Rabu (24/5/2023).

“Ya Allah hidupkan lah aku dalam keadaan miskin, wafatkan aku dalam keadaan miskin, jadi kan aku bersama orang orang miskin di hari kiamat. Ini Nabi Muhammad doanya begitu,” jelas Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber kemudian menjelaskan bahwa pernah ada seorang ulama sederhana dan miskin yang bernama Imam Fudhail bin Iyadh.

“Malam hari sedang tahajud datang ke rumahnya seorang maling. Setelah selesai tahajud ditangkap maling itu kemudian oleh Imam Fudhail bin Iyadh bertanya datang untuk apa,” kata Syekh Ali Jaber.

Kemudian maling itu mengaku jujur akan maling di rumah Imam Fudhail bin Iyadh.

“Imam Fudhail bin Iyadh berkata hei anda salah rumah, ini rumah orang susah, memang orang susah apa yang gelisah? tak ada yang bisa dicuri,” ujar Syekh Ali Jaber.

“Bahkan orang yang susah atau miskin dunia yang pertama masuk surga sebelum orang kaya,” tegas Syekh Ali Jaber.

Kemudian Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa disebutkan oleh Imam Ahmad bahwa orang kaya 500 tahun lagi baru masuk surga.

“Kenapa mereka orang kaya lama sampai 500 tahun? karena masih banyak hisabnya ditanya dari mana dan kemana hartanya itu semua,” kata Syekh Ali Jaber.

Syekh Ali Jaber mengingatkan bahwa semua harta yang halal akan dihisab, sementara yang haram akan diberikan azab.

“Harta yang haram bukan dihisab lagi langsung diazab, tapi harta yang halal akan Allah hisab. Dimana hartanya dan ke mana hartanya. Orang miskin apa yang mau dihisab? karena tidak punya apa apa,” ujar Syekh Ali Jaber.

“Malaikat berkata: ya Allah orang ini miskin nggak punya apa apa. Lalu Allah mengatakan masuk surga, sudah aman,” katanya.

Syekh Ali Jaber juga mengingatkan bahwa kekayaan itu bukan sekedar harta, tapi kaya hati dalam bentuk niat dalam berbuat baik.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *