Prabowo Masa Lalu, Anies Masa Depan, Ganjar Masa Iya?

Prabowo Masa Lalu dan Anies Masa Depan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Asyari Usman (Jurnalis Senior Freedom News)

Hajinews.id – Sejauh ini, ada tiga nama besar yang diperkirakan akan berkontestasi di pilpres 2024. Ketiganya adalah Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Presiden Jokowi sempat kebingunan mau dukung siapa. Semula dia ingin Ganjar. Belakangan pinda ke Prabowo. Sedangkan Anies tetap tak disukai Jokowi.

Terlepas dari preferensi Jokowi, coba kita telaah sejenak ketiga bakal calon presiden itu. Kita mulai dari Prabowo.

Pak Prabowo Subianto diakui sebagai jenderal cerdas yang memiliki visi tentang Indonesia. Visi itu bagus. Yaitu, Indonesia adil dan makmur. Indonesia yang relijius dan bermartabat. Ini visi ketika Pak Prabowo ikut pilpres 2019.

Di pilpres 2024, visi Prabowo dirombak sedikit untuk menunjukkan loyalitas beliau kepada Presiden Jokowi. Kata-kata kunci visi tambahan itu adalah melanjutkan kebijakan dan cara-cara kerja Jokowi. Singkatnya, visi dan program Prabowo adalah seratus persen visi dan program Jokowi.

Harus diakui, Pak Prabowo itu orang hebat. Cuma, kehebatan beliau itu lebih cocok untuk masa 15-20 tahun yang lalu. Ketika itu, Indonesia memang memerlukan pemimpin model Pak Prabowo. Karena sedang dalam masa transisi.

Andaikata Pak Prabowo menjadi presiden pada 2004, pas sekali. Pada 2009 pun masih cocok. Jadi, beliau ini memang idealnya menjadi presiden di masa lalu.

Sekarang Indonesia memerlukan pemimpin yang berintegritas, berkabapilitas, berkapasitas. Tegas dan juga enerjik. Clear mind (pikiran jernih). Tidak mengobral harga diri, martabat dan kehormatan.

Indonesia memerlukan sosok visioner dan mengerti cara menciptakan jalan menuju kemajuan bangsa. Maka, dari premis ini kita mau tak mau harus mengakui bahwa Pak Anies-lah yang akan kita ceritakan berikutnya.

Pak Anies itu komplit. Dia seorang pendidik sampai dipercaya menjadi menteri pendidikan. Dia seorang pemimpin sekaligus birokrat sejak di Kemendikbud hingga lima tahun di DKI Jakarta sebagai gubernur.

Di Jakarta, Anies telah melakukan simulasi kepemimpinan yang sangat akurat untuk diterapkan secara nasional. Tidak ada satu pun provinsi di Indonesia ini yang mempunyai akumulasi kerumitan seperti Jakarta. Alhamdulillah, beliau berhasil mengubah Jakarta menjadi kota yang menyenangkan warganya meskipun masih ada kekurangan di sana-sini.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *