7 Ide Bisnis Menguntungkan Ketika Musim Haji

Bisnis Menguntungkan Ketika Musim Haji
Ibadah Haji
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Idul Adha sering disebut sebagai musim haji. Pasalnya, banyak umat Islam yang menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci pada bulan ini.

Menjelang momen ini, calon jemaah haji biasanya memadati pusat penjualan perlengkapan haji dan souvenir.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Hal ini tidak hanya karena ilmu agama, tetapi juga banyaknya sesaji yang harus disiapkan oleh calon jamaah, mulai dari mukena, sajadah, kain ihrom, tasbih, dan lain-lain.

Selain perlengkapan menjelang pemberangkatan, jemaah haji juga ramai menawarkan berbagai oleh-oleh khas haji kepada para tamu yang tiba di rumah.

Menariknya, banyak jemaah haji yang pergi ke Tanah Suci lebih memilih untuk membeli oleh-oleh di Indonesia. Pilihan ini memiliki alasan praktis dan mempertimbangkan jumlah kargo yang terbatas.

Kendati hanya dilaksanakan satu tahun sekali, akan tetapi sejumlah kebutuhan para jemaah haji kian membuat bisnis oleh-oleh haji di Tanah Air kian berkembang

Lantas, apa saja yang bisnis yang bisa dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan cuan?

1. Perlengkapan haji

Peralatan haji menjadi usaha rumahan yang populer selama musim haji karena permintaan yang terus meningkat setiap tahunnya.

Pada momen Hari Raya Iduladha atau musim haji, jumlah jamaah haji di Indonesia meningkat secara signifikan.

Hal ini menciptakan peluang bisnis yang menjanjikan dalam penjualan peralatan haji seperti pakaian ihram, tasbih, kitab-kitab doa manasik haji, wewangian, mukena, sajadah, kain ihram, tasbih, dan perlengkapan lainnya.

2. Oleh-oleh khas haji

Oleh-oleh haji juga merupakan produk yang sangat dicari oleh jamaah haji setelah mereka kembali dari Tanah Suci.

Hal tersebut, karena adanya batasan berat barang bawaan di pesawat, sehingga tidak mungkin mereka membeli oleh-oleh langsung di Mekah dan membawanya pulang.

Oleh karena itu, mereka mencari solusi dengan membeli oleh-oleh haji di Tanah Air, yaitu di Indonesia.

Dengan banyaknya kebiasaaan jemaah haji yang ingin memberikan oleh-oleh kepada keluarga dan teman-teman mereka.

Anda dapat memanfaatkan peluang ini dengan menjual makanan dan minuman khas haji, seperti kurma, zamzam, kismis, kacang arab, cokelat arab, madu, atau hidangan khas dari daerah-daerah yang dikunjungi oleh jemaah haji.

3. Bisnis hewan kurban

Salah satu usaha rumahan yang dapat dimanfaatkan selama musim haji adalah usaha ternak hewan kurban. Dalam momen perayaan Iduladha, banyak orang yang melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih hewan sebagai bagian dari pelaksanaan rukun Islam yang keempat.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *