Keberangkatan 328 Jemaah Haji Kloter 4 Embarkasi Banjarmasin Tertunda, Kemenag Protes Keras ke Garuda Indonesia

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Keberangkatan 328 jemaah haji Indonesia kelompok terbang (kloter) 4 Embarkasi Banjarmasin (BDJ 04) tertunda akibat adanya kerusakan teknis pesawat Garuda Indonesia. Oleh karena penundaan tersebut, Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab menyampaikan protes ke maskapai Garuda Indonesia.

“Kami sudah sampaikan protes ke Garuda Indonesia atas peristiwa ini. Apalagi, info adanya kerusakan teknis baru terinformasikan setelah jemaah berada di Bandara Samsuddin Noor,” kata Saiful Mujab dilansir dari laman Kompas.com, Sabtu (3/6/2023). Saiful kemudian meminta Garuda Indonesia menyampaikan permintaan maaf kepada jemaah. Ia juga berharap ada kompensasi yang diberikan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Diketahui, kloter BDJ 04 sedianya diberangkatkan pada 3 Juni 2023 pukul 02.40 WITA. Oleh karenanya, para jemaah haji kloter tersebut diberangkatkan pada 2 Juni 2023, pukul 23.00 WITA, ke Bandara Samsuddin Noor.

Namun, jemaah akhirnya kembali ke Asrama Haji karena ada informasi kerusakan teknis pesawat. “Kami minta Garuda menyampaikan permohonan maaf dan berharap ada kompensasi yang diberikan ke jemaah,” ujar Saiful.

Saiful mengungkapkan, protes keras disampaikan karena ini bukan kejadian yang pertama. Kejadian yang sejenis juga pernah dialami jemaah asal Banjarmasin pada operasional haji 2022. Saat itu, kepulangan mereka tertunda karena ada persoalan teknis.

Kejadian lainnya juga menimpa jemaah asal Embarkasi Banjarmasin pada tahun 2019. Bahkan, saat itu peristiwa yang terjadi berdampak pada tertundanya keberangkatan tiga kloter berikutnya. “Ini berulang lagi. Kami minta Garuda Indonesia bisa memberikan solusi terbaik agar jemaah bisa segera berangkat secara bersama-sama dalam satu kloter menuju Tanah Suci,” katanya.

“Solusi segera diperlukan agar persoalan ini tidak berdampak pada kloter-kloter berikutnya,” ujar Saiful melanjutkan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *