Naudzubillah, Inilah 10 Golongan Yang Salat Tapi Amalannya Tidak Diterima

Golongan Yang Salat Tapi Amalannya Tidak Diterima
Golongan Yang Salat Tapi Amalannya Tidak Diterima
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Salat merupakan tiang agama dan ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat Islam. Bahkan ketika mereka sakit dan lemah, umat Islam tetap harus salat.

Biasanya mereka yang tidak dalam keadaan normal mendapat keringanan dalam Salat. Baik itu duduk, berbaring, gerak tubuh dan isyarat hati, itulah sebabnya Allah SWT tidak pernah membebani umatnya dengan ibadah.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rasulullah SAW bersabda bahwa Salat adalah amalan yang pertama kali dihisabsebagaimana beliau bersabda dalam sebuah hadits:

“Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab pada seorang hamba pada hari kiamat adalah salatnya. Maka, jika salatnya baik, sungguh ia telah beruntung dan berhasil. Dan jika salatnya rusak, sungguh ia telah gagal dan rugi. Jika berkurang sedikit dari Salat wajibnya, maka Allah Ta’ala berfirman, ‘Lihatlah apakah hamba-Ku memiliki Salat sunnah.’ Maka disempurnakanlah apa yang kurang dari salat wajibnya. Kemudian begitu pula dengan seluruh amalnya,” (HR Tirmidzi).

Menukil dari buku 17 Jalan Menggapai Mahkota Sufi yang disusun oleh Muhammad Sholikhin, ada sebagian orang yang lalai dalam salatnya. Hal ini disebutkan dalam surat Al Ma’un ayat 4 dan 5, Allah SWT berfirman:

فَوَيْلٌ لِّلْمُصَلِّينَ

Arab latin: Fa wailul lil-muṣallīn

Artinya: 4. “Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang Salat,

ٱلَّذِينَ هُمْ عَن صَلَاتِهِمْ سَاهُونَ

Arab latin: Allażīna hum ‘an ṣalātihim sāhụn

Artinya: 5. (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya,”

Makna dari kata lalai di atas bukanlah orang yang tidak mengerjakan salat, melainkan mereka yang salat namun tidak dengan sepenuh hati. Bahkan, salat mereka tidak disertai dengan tindak amal saleh.

Jalaluddin Rakhmat melalui buku Membuka Tirai Kegaiban menjelaskan bahwa apabila salat kita tidak mendatangkan kenikmatan, besar kemungkinan amalan tersebut belum diterima oleh Allah SWT. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad bersabda:

“Pada hari kiamat nanti ada orang yang membawa salatnya kepada Allah SWT, kemudian dia mempersembahkan salat nya kepada Allah. Lalu salatnya dilipat-lipat seperti dilipatnya pakaian yang kumal kemudian dibantingkan ke wajahnya. Allah tidak menerima salatnya,”

Lantas, siapa saja orang-orang yang salatnya tidak diterima oleh Allah SWT? Berikut bahasannya.

10 Golongan yang Salatnya Tidak Diterima oleh Allah SWT

Pada Kitab Nashaihul ‘Ibad Syarh Al Munabbihaat ‘Alal Isti’daad Li Yaumil Ma’aad karya Muhammad Nawawi bin ‘Umar Al-Jawi, ada 10 golongan orang yang salatnya tidak diterima. Dalam kitab itu disebutkan Rasulullah SAW pernah menyatakan hal demikian,

عشرة نفر لن يقبل الله تعالى صلاتهم

Artinya: “Sepuluh orang yang salatnya tidak diterima Allah SWT,”

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *