Naudzubillah, Inilah 10 Golongan Yang Salat Tapi Amalannya Tidak Diterima

Golongan Yang Salat Tapi Amalannya Tidak Diterima
Golongan Yang Salat Tapi Amalannya Tidak Diterima
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Nabi Muhammad merinci satu persatu golongan tersebut, antara lain sebagai berikut:

  1. Orang yang salat sendirian tanpa membaca surat Al Fatihah
  2. Orang yang tidak mengeluarkan zakat
  3. Orang yang mengimami salat suatu kaum, sementara kaum itu benci
  4. Budak yang melarikan diri dari tuannya
  5. Peminum arak, khamr, atau minuman yang memabukkan
  6. Istri yang bermalam, sementara suaminya tidak ridha kepadanya
  7. Wanita merdeka yang salat tanpa memakai kerudung
  8. Pemakan riba
  9. Pemimpin yang zalim
  10. Orang yang biasa melakukan salat, namun salatnya tidak mampu mencegah dirinya dari kekejian dan kemungkaran, sehingga dia semakin jauh dari Allah SWT

Dalam riwayat lainnya, Ibnu Abbas RA melalui hadits yang dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Misykat Al-Mashobiih, dikatakan bahwa Rasulullah pernah bersabda terkait tiga kelompok yang tidak diterima salatnya, yaitu:

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

ثَلَاثَةٌ لَا تَرْتَفِعُ صَلَاتُهُمْ فَوْقَ رُءُوسِهِمْ شِبْرًا رَجُلٌ أَمَّ قَوْمًا وَهُمْ لَهُ كَارِهُونَ وَامْرَأَةٌ بَاتَتْ وَزَوْجُهَا عَلَيْهَا سَاخِطٌ وَأَخَوَانِ مُتَصَارِمَانِ

Artinya: “Terdapat tiga kelompok yang salatnya tidak terangkat meskipun hanya sejengkal dari atas kepalanya (tidak diterima oleh Allah SWT). Ketiga golongan tersebut pertama, orang yang mengimami sebuah kamu akan tetapi kaum itu membencinya. Kedua, istri yang tidur sementara suaminya sedang marah kepadanya. Ketiga, dua saudara yang saling mendiamkan (memutuskan hubungan),” (HR Ibnu Majah)

Tanda-tanda Salat Seseorang Diterima Allah SWT

Merujuk pada buku Membuka Tirai Kegaiban, ada sejumlah tanda yang disebutkan apabila salat seseorang diterima. Tanda-tanda ini disandarkan pada sebuah hadits qudsi yang berbunyi:

“Sesungguhnya Aku hanya akan menerima salat orang-orang yang merendahkan dirinya karena kebesaran-Ku, menahan dirinya dari hawa nafsu karena Aku, yang mengisi sebagian waktu siangnya untuk berdzikir kepada-Ku, yang melazimkan hatinya untuk takut kepada-Ku, yang tidak sombong terhadap makhluk-Ku, yang memberi makan kepada orang yang lapar, yang memberi pakaian kepada orang yang telanjang, yang menyayangi orang yang terkena musibah, yang memberikan perlindungan kepada orang yang terasing. Kelak cahaya orang itu akan bersinar seperti cahaya matahari. Aku akan berikan cahaya ketika dia kegelapan. Aku akan berikan ilmu ketika dia tidak tahu. Aku akan lindungi dia dengan kebesaran-Ku. Aku akan suruh malaikat untuk menjaganya. Kalau dia berdoa kepada-Ku, Aku akan segera menjawabnya. Kalau dia meminta kepada-Ku, Aku akan segera memenuhi permintaannya. Perumpamaannya di hadapan-Ku seperti perumpamaan firdaus,” (Kalimatullah Al-‘Ulya).

Itulah 10 golongan yang salatnya tidak diterima oleh Allah beserta pembahasan terkaitnya. Semoga kita tidak termasuk ke dalam salah satunya, naudzubillah min dzaalik.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *