13 Manfaat Makan Bawang Putih Mentah

Manfaat Makan Bawang Putih Mentah
Bawang Putih Mentah
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Bawang putih merupakan salah satu bahan yang wajib ada di dapur rumah. Selain penggunaannya sebagai bahan dasar pengolahan makanan, bawang putih juga memiliki khasiat yang bermanfaat bagi tubuh.

Secara historis, bawang putih digunakan terutama sebagai tanaman obat dan obat. Penggunaannya didokumentasikan dengan baik oleh banyak peradaban besar seperti Mesir, Babilonia, Yunani, Romawi, dan Cina.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Apa manfaat makan bawang putih mentah? Untuk mendapatkan jawabannya, mari simak informasinya di bawah ini.

Manfaat Bawang Putih Mentah

Bawang putih mengandung antibakteri dan pencegah jamur sehingga dapat mengatasi berbagai penyakit. Terdapat pula beberapa kandungan yang tidak stabil dan hanya bertahan dalam bawang putih segara setelah dipotong atau dihancurkan, yakni allicin.

Karena itu, bawang putih memberikan khasiat yang baik bagi tubuh apabila dikonsumsi mentah. Berikut penjelasan lengkapnya

  1. Mengandung Antioksidan Tinggi

Bawang putih mengandung antioksidan tinggi, sehingga dapat mencegah berbagai penyakit otak. Kadar antioksidan yang tinggi dapat membantu memperbaiki kerusakan oksidatif dan radikal bebas.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat mengonsumsi bawang putih selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Manfaat ini didapatkan dari kandungan allicin dan polisulfida pada bawang putih.

  1. Melawan Virus Flu

Bawang putih yang dikonsumsi mentah dapat menjadi obat untuk penyakit flu, radang, dan batuk. Adanya kandungan sulfur pada bawang putih yang terbentuk saat dikunyah atau dihancurkan. Apabila mengalami flu, mengonsumsi bawang putih mentah dapat mengurangi parahnya gejala flu yang sedang dialami.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bawang putih mengandung zat allicin yang dapat menghambat pembentukan kolesterol jahat pada hati. Hal ini dibuktikan penelitian yang menunjukkan, makan bawang putih setiap hari dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Bawang putih dapat meminimalkan keropos pada tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita. Satu siung bawang putih memiliki zat yang secara signifikan menurunkan penanda defisiensi estrogen.

  1. Mengurangi Rasa Lelah
banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *