Kultum 129: Sering Hutang Sebabkan Sering Bohong

Sering Hutang Sebabkan Sering Bohong
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Dawud, Rasulullah juga pernah mengajarkan doa agar terbebas dari lilitan utang. Doa tersebut diajarkan kepada Abu Umamah, seorang pria Anshar. Diriwayatkan oleh Abu Sa’id al-Khudri pada suatu hari, Rasulullah masuk ke dalam masjid. Ternyata di dalam sudah ada Abu Umamah seorang diri, lalu Rasulullah menyapa, “Hai Abu Umamah, ada apa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?”

Abu Umamah mengaku sedang kebingungan karena sedang terlilit banyak utang. Lalu Rasulullah pun mengajarkan kepada Abu Umamah sebuah doa yang jika dibaca bisa memgobati kebingungan dan dimudahkan dalam melunasi utang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ

وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ

بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ

غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari bingung dan sedih, aku berlindung kepada Engkau dari lemah dan malas, aku berlindung kepada Engkau dari pengecut dan kikir, dan aku berlindung kepada Engkau dari lilitan hutang dan kesewenang-wenangan manusia (HR. Abu Dawud no. 353).

Menurut Abu Umamah, setelah beliau mengamalkan doa tersebut lepaslah dia dari kebingungan dan dia juga dimudahkan dalam melunasi utang-utangnya. Bahkan ibunda ‘Aisyah radliallahu ‘anha mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam selalu membaca doa terbebas dari utang dalam sholatnya,

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْمَأْثَمِ وَالْمَغْرَمِ

Artinya:

Ya Allah aku berlindung kepadamu dari berbuat dosa dan terlilit utang.

Terlepas dari dikabulkannya doa-doa tersebut, justru pelajaran yang harus kita petik adalah apa yang disampaikan Rasulullah. Yaitu, “Sesugguhnya seseorang apabila sedang berhutang ketika dia berbicara biasanya berdusta dan bila berjanji sering menyelisihinya”. Oleh karena itu, sedapat mungkin, hutang haruslah kita hindari.

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                  

  —ooOoo—

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *