Ujang Komarudin Nilai Puan Hanya Pura-Pura Sebut Nama AHY Masuk Bursa Cawapres Ganjar

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Analis Politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin angkat bicara terkait pernyataan Puan Maharani bahwa nama Agus Harimurti Yudhoyono atau biasa disapa AH, masuk dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo.

Dikatakannya, pernyataan Puan Maharani yang juga Ketua DPP PDIP soal Ketua Umum Partai Demokrat masuk radar cawapres untuk Ganjar Pranowo, hanya gimik dan bagian dari kepura-puraan semata.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Pasalnya, hingga saat ini, PDIP dan Partai Demokrat masih saling berseberangan satu dengan yang lain. Buktinya, sampai sekarang Partai Demokrat senantiasa menjadi oposisi di pemerintah.

“Saya menyebutnya masih gimik saja. Namanya juga politik, pura-pura serius, merangkul. Tapi dalam fakta dan kenyataannya, sampai saat ini masih berlawanan. PDIP berada di pemerintahan sedangkan Demokrat memilih sebagai oposisi,” kata Ujang ketika dihubungi Rabu 7 Juni 2023.

Makanya, lanjut Ujang Komaruddin, pernyataan Puan Maharani hanya bagian dari gimik dan kepura-puraan belaka. Bisa saja, AHY masuk radar Cawapres PDIP, namun berada pada urutan paling bawah.

Menurut Ujang, PDIP akan sangat rugi jika menempatkan lawan politiknya sebagai Cawapres. Sebab hal itu menandakan PDIP memberi ruang lawan untuk mendapatkan kekuasaan.

“Saya menyebutnya sebagai kepura-puraan politik. Dan hal itu biasa-biasa aja memunculkan nama AHY dari pihak oposisi. Karena kalau dalam konteks politik sangat rugi jika PDIP menempatkan nama AHY sebagai cawapres,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera, menilai AHY merupakan pemimpin yang berkualitas, sehingga bisa masuk dalam bursa Cawapres yang dirancang PDIP.

Dilansir Pos-Kupang.Com dari Tribunnews.com, Rabu 7 Juni 2023, disebutkan bahwa PKS menanggapi secara positip pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani tentang Agus Harimurti Yudhoyono.

PKS menyatakan kalau ternyata PDIP melirik AHY sebagai Cawapres, maka itu merupakan suatu langkah yang bagus.

“Bagus. Menunjukkan Mas AHY memang pemimpin berkualitas,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera.

Ia juga menilai, masuknya nama AHY dalam radar cawapres PDIP, merupakan indikator tentang sisi positif Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

Dikatakannya, posisi Koalisi Perubahan saat ini menjadi salah satu koalisi yang diperhitungkan. “Ini menunjukkan bahwa KPP memang diperhitungkan banyak pihak,” kata Ujang Komaruddin.

Untuk diketahui, Puan Maharani mengumumkan nama AHY sebagai salah satu sosok yang masuk dalam bursa Cawapres Ganjar Pranowo. Nama lainnya, yakni Erick Thohir, Mahfud MD, Sandiaga Uno juga Airlangga Hartarto.

 

Nama-nama kandidat itu, katanya, kini menjadi bahan yang patut dipertimbangkan. Sebab setiap figur memiliki kelebihan dan sangat potensial untuk mengemban tugas sebagai pendamping Presiden.

 

Syahrial Nasution: Ini Kejutan

Deputi Balitbang Partai Demokrat Syahrial Nasution mengatakan masuknya nama AHY dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo, merupakan sebuah kejutan.

“Menurut saya, ini surprise dan kabar baik untuk seluruh anak bangsa,” kata Syahrial seperti dilansir Tribunnews, Selasa 6 Juni 2023.

Syahrial menilai masuknya AHY dalam bursa cawapres Ganjar Pranowo tentu sudah dipertimbangkan lebih dulu sebelum disampaikan ke publik.

Pernyataan AHY masuk bursa cawapres Ganjar Pranowo disampaikan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

“Sebagai kader dan pengurus DPP Partai Demokrat, tentu memberikan apresiasi untuk Mbak Puan,” ujarnya.

Menurut Syahrial, pernyataan Puan itu bisa diartikan bahwa AHY dan Partai Demokrat memiliki value penting di mata PDIP.

“Setidaknya di mata Mbak Puan yang merupakan salah satu tokoh penting di PDIP,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan hal itu menunjukkan ada semangat perubahan yang disampaikan Puan di internal PDIP.

“Karena bukan rahasia lagi, rasanya jarang sekali publik mendengar atau melihat respons baik dari tokoh-tokoh PDIP terhadap Ketum AHY.

Setidaknya, hal itu yang sering disampaikan melalui Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto,” ungkapnya.

Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan berterima kasih kepada PDI Perjuangan karena telah memasukkan AHY ke dalam daftar bakal cawapres Ganjar Pranowo.

Meski demikian, Syarief mengingatkan, Demokrat saat ini berada di Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) bersama Nasdem dan PKS.

Koalisi ini mendukung Anies Baswedan sebagai Capres 2024, meski belum diputuskan siapa cawapresnya.

“Tapi Partai Demokrat ada di koalisi KPP. Kita beda posisi,” imbuhnya.

Nama AHY disebut Puan Maharani seusai Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI-P hari pertama di Sekolah Partai DPP PDI-P, Jakarta Selatan, Selasa 6 Juni 2023.

Seperti diketahui saat ini AHY adalah salah satu calon kuat pendamping Anies Baswedan yang diusung Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP).

Koalisi dibangun oleh tiga partai yakni Partai Demokrat, Partai Nasdem dan PKS.

Selain nama AHY, Puan juga menyebut nama Ketua Partai Golkar Airlangga Hartarto.

“Kalau boleh saya sebut yang ada di media, ada Pak Mahfud MD (Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD) sudah masuk namanya,” kata Puan.

“Kemudian ada nama Pak Erick Thohir (Menteri BUMN), Pak Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat), Pak Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif),”

“Kemudian ada Pak AHY (Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono), dan Pak Airlangga (Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto).

Nama-nama itu masuk dalam peta yang ada di PDI Perjuangan,” tuturnya.

Puan mengatakan, masing-masing tokoh punya kelebihan.

Selanjutnya, PDI-P akan mempertimbangkan figur yang sejalan dengan visi dan misi capres serta partai untuk dipasangkan dengan Ganjar Pranowo di panggung pilpres.

Menurutnya, hingga kini belum ada nama yang diputuskan sebagai cawapres Ganjar Pranowo.

Masukan dan diskusi bersama banyak pihak masih akan terus dilakukan untuk menentukan calon RI-2.

“Kali ini masih menimbang-nimbang untuk nama yang ada” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ganjar Pranowo menegaskan bahwa hingga kini belum ada nama yang diputuskan sebagai cawapres pendamping dirinya.

Gubernur Jawa Tengah ini mengatakan banyak partai yang akan bekerja sama dengan PDI-P. Partai-partai tersebut sekaligus mengusulkan nama cawapres.

Menurut Ganjar, nama-nama itu telah ia catat dan selanjutnya akan dibahas dalam rapat internal yang melibatkan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

“Jadi urusan cawapres karena banyak partai masih akan bekerja sama dengan PDI Perjuangan, maka pasti akan terjadi berembuklah,” ujarnya.

Ganjar Pranowo menambahkan, proses penentuan cawapres akan melalui pembahasan yang panjang.

Oleh karenanya, dia meminta publik bersabar.

“Tentu persis seperti Mbak Puan (Ketua DPP PDI-P Puan Maharani) sampaikan, Bu Ketua Umum sampaikan, kita akan bahas bareng-bareng.

Setelah mengerucut, dikonsultasikan nanti dikomunikasikan dengan capresnya agar kita bisa bareng. Jadi sabar,” tuturnya.

Ganjar Pranowo resmi dideklarasikan sebagai capres PDI-P pada 21 April 2023 lalu.

Nama Ganjar Pranowo diumumkan langsung oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Namun, hingga kini sosok cawapres Ganjar Pranowo masih tanda tanya.

Belum lama ini Puan mengatakan partainya menyiapkan 10 nama bakal cawapres untuk orang nomor satu di Jateng itu.

“Untuk PDI-P nama cawapresnya itu banyak, 10 nama ada,” ujar Puan Maharani saat konferensi pers di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP, Senin 29 Mei 2023.

Namun, Puan Maharani tidak menjabarkan siapa saja 10 nama tersebut.

Sebab, hingga kini PDI-P masih melakukan penjajakan terhadap para kandidat cawapres.

Proses penjajakan ini akan menjaring siapa saja yang bisa menambah elektoral Ganjar Pranowo dan bisa diterima seluruh kalangan masyarakat untuk menjadi calon RI-2.

“Kan waktu masih panjang, jadi kita akan diskusi kembali untuk bisa sama-sama bicarakan oleh Ibu Ketum (Megawati Soekarnoputri) bersama dengan Ketum PPP (Mardiono),” tutur Puan Maharani.

Menurut rencana PDI Perjuangan menggelar Rakernas selama tiga hari hingga Kamis 8 Juni 2023.

Adapun, tema Rakernas III PDIP pada 6-8 Juni 2023 yakni Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara Negara.

Menurut Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, tema Rakernas III diusulkan langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri agar negara ke depan tidak boleh main-main terhadap mandat konstitusi.

“Itu juga merupakan bagian yang sangat penting, ketika Ibu Megawati tiba-tiba mengistruksikan kepada saya, beliau maunya Fakir Miskin dan Anak Telantar Dipelihara Negara, Ibu Mega mengatakan itu sambil terharu,” kata Hasto.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *