Alhamdulillah! Perjalanan Seru Pakai Haramain Express, Kereta Cepat Penghubung Madinah dan Jeddah

Haramain Express
Haramain Express
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Perjalanan dari Madinah ke Jeddah, Arab Saudi memakan waktu sekitar 6 jam dengan mobil, namun perjalanannya bisa lebih singkat, hanya 2 jam dengan jalur kereta cepat.

Kereta berkecepatan tinggi ini merupakan salah satu kebanggaan Arab Saudi, yaitu Haramain High Speed ​​Railway atau Haramain Express. Tertarik berwisata ke kota suci dengan kereta cepat?

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Ya, kami melakukan perjalanan dengan kereta cepat yang berangkat dari stasiun kereta cepat Madinah Haramain di distrik Al Hadra yang berjarak sekitar 10 km dari Masjid Nabawi.

Tepat pukul 11.00 WAS, sesuai jadwal, kereta melesat. Tak berapa lama, layar informasi di dalam gerbong menunjukkan kecepatan kereta mendekati 300 km/jam. Gak perlu khawatir kelaparan atau kehausan, saat berada dalam perjalanan di kereta super cepat ini, Anda bisa menuju ke satu gerbong khusus yang menyediakan cemilan ringan dan minuman.

Segelas kopi Americano bisa dibeli, dihargai 12 riyal atau kira-kira Rp48 ribu. Baru sebentar saja duduk menikmati pemandangan di perjalanan,  tak lama kereta berhenti dan kami tiba di stasiun Bandara Internasional Jeddah. Waktu perjalanannya sesuai estimasi: 1 jam 48 menit.

Tersedia di lima stasiun Kereta

Seperti diketahui, Haramain High Speed Railway diresmikan pada 2018, melayani rute sejauh 450 kilometer yang menghubungkan 2 kota suci, Mekkah ke Madinah dan sebaliknya, serta berhenti di kota Jeddah.

Kereta cepat ini  melewati lima stasiun sepanjang rute Mekkah – Madinah, yakni Stasiun Mekkah, Stasiun Jeddah, Stasiun Bandara King Abdul Aziz, Stasiun Kota Ekonomi Raja Abdullah dan Stasiun Madinah.

Cara membeli tiket

Untuk bisa menikmati perjalanan dengan kereta cepat ini, tiketnya bisa dibeli secara online lewat laman resmi, Haramain High Speed Railway https://sar.hhr.sa/timetable# atau lewat aplikasi HHR Train.

Pilih lokasi keberangkatan, tujuan dan tanggal perjalanan, lalu klik tombol search. Muncul jadwal perjalanan yang bisa dipilih sesuai keperluan, lengkap dengan tanggal, jam, dan harga tiket.

Harganya bervariasi

Untuk kelas ekonomi di kisaran 125 riyal hingga 200 riyal atau sekitar Rp 500 ribu hingga Rp800 ribu. Sedangkan tiket kelas bisnis, dibanderol mulai dari 330 riyal atau Rp1,3 juta.

Setelah memilih jadwal perjalanan yang diinginkan, lengkapi data diri, termasuk dokumen paspor untuk penumpang internasional.

Selanjutnya tinggal membayar, dengan memasukkan detail kartu kredit atau kartu debit. Setelah pembayaran dikonfirmasi, tiket langsung dikirim melalui email.

Meski harganya tak murah, tapi pengalaman menikmati perjalanan dengan kereta cepat  Saudi ini bisa jadi inspirasi untuk dicoba.

Sumber: viva

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *