Kultum 138: Mari Ganti Musik dengan Murottal Al-Qur’an

Ganti Musik dengan Murottal Al-Qur’an
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Lingkungan itu harus kita ciptakan. Kaum lelaki akan merasakan keterikatan yang unik dan tergantung pada lingkungan peribadatan dan kesalihan yang ada di dalam masjid. Sementara itu, para ibu dan anak-anak perempuan perlu dibiasakan membuat lingkungan rumah sehingga begitu masuk ke dalam rumah, seseorang merasakan kedamaian. Itulah sebabnya seseorang datang kepada Rasulullah dan bertanya di mana dia dapat menemukan keselamatan karena ada lebih banyak fitnah di mana pun dia berpaling.

Rasulullah menjawab, “jagalah lidahmu dan biarkan rumahmu mencukupimu. Biarlah rumahnya begitu bercahaya dan religius sehingga begitu satu langkah di rumahnya, imannya terlindungi dan imannya berkembang. Biarlah ada kebiasaan membaca Al-Qur’an di dalam rumah dan setiap hari, biarkan semua anggota keluarga berkumpul bersama dan membaca beberapa kitab Allah selama sepuluh menit secara teratur”.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Kadangkala, karena anggota keluarga dan keberagamaan yang ada, kita harus kerja keras agar lingkungan menjadi baik dan setiap orang harus memiliki pemikiran untuk memajukan iman dan agamanya. Yang demikian itu juga merupakan doa Nabi Ibrahim ‘alaihissalam, yaitu,

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا

قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Artinya:

Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami dari isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa (QS. Al-Furqan, ayat 74).

Sungguh perlu diketahui, bahwa sangat penting untuk menciptakan lingkungan yang Islami di rumah dengan menjaga rumah kita tetap bersih dari alat musik dan alat dosa agar malaikat Allah datang ke rumah kita. Aamiin

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh

—ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *