Harganya Bikin Minder!! Ini Perbandingan Haji Furoda dan Haji Plus

Perbandingan Haji Furoda dan Haji Plus
Perbandingan Haji Furoda dan Haji Plus
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Haji merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bukan karena ada harga khusus untuk layanan tersebut, tetapi karena jauh dari Indonesia yaitu Arab Saudi, sehingga membutuhkan biaya akomodasi dan transportasi yang tinggi.

Namun, karena layanan ini merupakan impian yang harus dipenuhi oleh setiap Muslim di seluruh dunia, maka pemerintah Saudi pun menerapkan sistem kuota. Hal ini karena jumlah tempat ibadah di Mekkah sangat terbatas dan tidak dapat menampung seluruh umat Islam dunia dalam waktu yang bersamaan.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Sistem kuota ini membuat adanya antrean bagi jamaah haji yang ingin berangkat. Kendati begitu, keberangkatan haji di Indonesia terbagi ke dalam beberapa program, sehingga antreannya ada yang lebih cepat dibanding lainnya, seperti jamaah yang menggunakan program haji reguler.

Selain haji reguler terdapat dua program haji resmi lainnya di tanah air, diantaranya haji khusus atau biasa disebut ONH Plus, serta haji furoda, berikut ini penjelasan dari ketiga program itu:

  1. Haji Reguler

Pertama ada haji reguler. Jika Anda ingin mendaftar paket haji ini, harap bersabar untuk menunggu antrean. Haji reguler diatur berdasarkan kuota yang ditetapkan pemerintah melalui Kemenag. Umumnya, antrean haji reguler berkisar 30 tahun lebih tergantung provinsi di Indonesia.

  1. Haji Khusus (ONH Plus)

Selanjutnya ada haji khusus atau yang dikenal dengan ONH Plus. Paket haji ini juga diatur berdasarkan kuota pemerintah melalui Kemenag. Namun, biayanya lebih mahal dari haji reguler. Meski begitu, antrean haji plus lebih cepat dengan waktu berkisar 5-9 tahun.

  1. Haji Mujamalah/Furoda

Terakhir ada haji mujamalah atau yang disebut haji furoda. Ini merupakan paket haji yang diatur dalam UU No. 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh.

Pada aturan tersebut tertuang bahwa haji mujamalah atau dikenal dengan haji furoda adalah program haji yang mendapat kuota khusus dari pemerintah Arab Saudi, legal dan resmi berdasarkan hukum tersebut. Peserta haji furoda akan langsung berangkat tanpa perlu antre.

Perbedaan Haji Furoda dan Haji Plus

Di luar masalah antrean, program haji itu tentu ada bedanya, terutama untuk Haji Furoda dan Haji Plus.

Berikut perbedaan haji furoda dan haji plus agar Anda bisa lebih paham:

  1. Haji Furoda

Haji furoda adalah pelaksanaan haji yang merupakan undangan langsung dari Kerajaan Arab Saudi. Jamaah haji furoda berangkat menggunakan visa mujamalah yang dikeluarkan oleh setiap kedutaan negara tanpa menunggu antrean.

Diatur dalam UU No. 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh, Kemenag tidak mengelola calon jamaah haji dengan visa mujamalah. Ini karena haji furoda menjadi hak Pemerintah Arab Saudi untuk mengundang mitra sebagai penghargaan, penghormatan dukungan diplomatik, dan lainnya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *