Legenda Pedang Tipu Sultan, Pedang Islam Paling Mahal dalam Sejarah

Legenda Pedang Tipu Sultan
Pedang Tipu Sultan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pedang legendaris Sultan Tipu India menjadi pedang termahal yang pernah dijual karena pedang ini dilelang seharga Rp 428 miliar.

Harga awalnya Rp 29 miliar diprediksi untuk pedang ini. Tawaran yang diajukan oleh juru lelang mengalahkan perkiraan dan memecahkan rekor penjualan pedang dan barang-barang Islami India.

Pada masa pemerintahannya dari tahun 1782 hingga 1799, pedang milik Sultan Tipu digunakan sebagai senjata di kamar tidurnya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Selain bentuknya yang unik, pedang ini dianggap sebagai karya keterampilan tangan yang menakjubkan berdasarkan tingkat kekerasan pedang dan bahan dasar pedang, yaitu besi Wootz.

Konon, pedang-pedang India pada masa tersebut dapat membelah perisai dengan sangat mudah, membuatnya sebagai kemajuan metalurgi pada masanya.

Bukan pedang satu-satunya

Tangkai dari pedang ini berlapis emas dan dipahat dengan tulisan yang memiliki arti “pedang dari penguasa” serta beberapa tulisan lain yang ditulis setelah kematiannya.

Setelah Sultan Tipu dikalahkan oleh penguasa Inggris, pedangnya diambil dari kamarnya oleh pasukan Inggris pada tahun 1799 dan diberikan kepada Mayor Jenderal David Baird “sebagai hadiah keberaniannya.”

Ini bukanlah satu-satunya pedang milik Sultan Tipu. Ia diketahui memiliki banyak pedang, bahkan beberapa telah hilang dan ada yang diamankan di Museum Inggris.

Bagaimanapun, yang membuat pedang satu ini unik adalah pahatan pada tangkai pedangnya yang mengungkapkan banyak mengenai sejarah Sultan Tipu.

Selain dikenal memiliki banyak pedang, Sultan Tipu juga dikenal sebagai pionir artileri roket setelah ia menggunakan silinder besi yang diisikan dengan bubuk mesiu sebagai senjata perlindungan terhadap serangan Inggris.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *