Said Didu Beber Kerugian Negara di Mandalika sudah Memenuhi Unsur Korupsi

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu menilai proyek pembangunan dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Mandalika termasuk sirkuit di Lombok, Nusa Tenggara Barat telah memenuhi unsur korupsi. Ia menyebut terdapat tiga unsur korupsi dalam proyek tersebut.

“Kasus Mandalika sdh memenuhi syarat korupsi krn scr kumulatif 3 Unsur korupsi terpenuhi,” kata Said Didu di akun twitternya seperti dikutip, Senin, 26 Juni 2023.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Said Didu menjelaskan proyek Mandalika ini merugikan negara atau BUMN. Kemudian, proyek Mandalika ini dinilai melanggar Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perusahaan Terbatas dan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2003 tentan BUMN.

“Melanggar UU PT (kegiatan rugi) dan psl 66 UU BUMN (penugasan BUMN) dan menguntungkan diri sendiri/phk lain,” ujar Said Didu.

Said Didu tidak menjelaskan secara rinci terkait tiga unsur tersebut. Namun Said Didu membandingkan hal ini dengan kasus Formula E yang masih dalam bidikan KPK.

Ia berharap KPK mendalami proyek Mandalika karena sudah memenuhi unsur korupsi.

Dia menyebut ada 3 unsur syarat korupsi:

1. Melanggar hukum

2. Merugikan negara

3. Menguntungkan diri sendiri atau orang lain.

“Justru dilihat dari hal tersebut Mandalika lebij memenuhi syarat,” tegas Said Didu.

Sebelumnya Holding Pariwisata InJourney selaku pihak yang membangun dan mengelola Mandalika ingin menyicil utang jangka pendek dari total Rp4,6 triliun.

Salah satu caranya adalah dengan wacana penghapusan ajang balap WSBK. Ajang ini alih-alih mendapatkan keuntungan, justru membuat kocek InJourney jebol hingga Rp100 miliar untuk pembiayaan berbagai sarana dan prasarananya.

“Terus terang saya tidak bisa selesaikan kewajiban yang short term ini, di antaranya untuk bayar pembangunan Grand Stand, VIP Vilage, sama kebutuhan modal kerja saat penyelenggaraan event,” kata Direktur Utama (Dirut) InJourney Dony Oskaria saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (14/6/2023).

Dony Oskaria menegaskan WSBK tidak menarik penonton dan investor. Ia pun berharap WSBK dihapuskan untuk menekan kerugian yang berkelanjutan.

“Kerugian tebesar di Mandalika itu di WSBK. Kami akan negosiasi menghilangkan WSBK. Jadi nanti cost kita akan turun. Karena jujur itu eventnya tidak menarik,” tegas Dony Oskaria.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi santai kerugian Mandalika. Ia menyebut proyek Mandalika berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi sekitar seperti bandara dan jalan raya.

“Ini namanya pembangunan infrastruktur sama seperti pembangunan jalan tol. Kita bukan buka seperti supermarket yang buka hari ini , besok langsung ada transaksi. Kalau infrastruktur, perlu 8 tahun. Ini yang kadang-kadang di-mispersepsi-kan,” kata Erick Thohir dalam acara Pertamina Energizing You, Sabtu (17/6/2023).

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *