Kultum 149: Beberapa Amalan di 10 Hari Dzulhijjah

Amalan di 10 Hari Dzulhijjah
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Tanpa berwukuf di padang Arafah ini, ibadah haji tidak sah dan harus diulang tahun berikutnya. Wukuf di Arafah ini adalah rukun haji, bahkan ia  merupakan rukun yang paling besar, berdasarkan sabda Rasulullah sallallahu’alaihi wasallam,

الْحَجُّ عَرَفَةُ ، فَمَنْ أَدْرَكَ لَيْلَةَ

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

عَرَفَةَ قَبْلَ طُلُوعِ الْفَجْرِ مِنْ

لَيْلَةِ جَمْعٍ فَقَدْ تَمَّ حَجُّهُ

Artinya:

Haji itu Arafah, barangsiapa mendapatkan malam pada hari Arafah sebelum terbit fajar dari malam Muzdalifah, maka sungguh hajinya telah sempurna (HR. Tirmizi no. 889; Nasa’i no. 3016. Redaksi hadits ini dishahihkan oleh Syekh Al-Albany).

Kemudian, pada 10 Zulhijah, umat Islam disyari’atkan untuk bertakbir, bertahmid, dan bertahlil. Abu Hurairah Radhiyallahu anhu secara marfu’ mengatakan,

مَا مِنْ أَيَّامٍ أَعْظَمُ وَلاَ أَحَبُّ إِلىَ اللهِ

الْعَمَلَ فِيْهِنَّ مِنْ هَذِهِ اْلأَيَّامِ الْعَشْرِ

فَأَكْثِرُوْا فِيْهِنَّ مِنَ التَّهْلِيْلِ وَالتَّكْبِيْرِ

وَالتَّحْمِيْد

Artinya:

Tiada hari yang lebih baik dan lebih dicintai Allah untuk beramal baik padanya dari sepuluh hari Dzul Hijjah, maka perbanyaklah membaca tahlil (laa ilaaha illallah), takbir (Allahu Akbar) dan tahmid [alhamdu lillah] (HR. Ahmad).

Bahkan umat Islam disyari’atkan juga bertakbir setelah shalat Shubuh pada hari Arafah sampai akhir hari tasyriq, yaitu dengan takbir,

اَللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ،

وَاللهُ أَكْبَرُ، اَللهُ أَكْبَرُ وَلِله الْحَمْدُ

Artnya:

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tidak ada ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Allah Maha Besar. Allah Maha Besar, dan bagi Allah-lah segala puji.

Disyaria’atkan pula untuk memperbanyak amal shalih dan ketaatan kepada Allah Azza wa Jalla. Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Bahwa Sa’id bin Jubair jika memasuki sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, ia sangat bersungguh-sungguh sampai-sampai dia hampir tidak mampu melakukannya (HR. ad-Darimi no. II/26).

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat kita untuk bersyukur dan selalu berdoa sesuai ajaran Rasulullah, dan kalau sekiranya bisa memberi manfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh.                                       

—ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar