The President Can Do No Wrong: Pilpres 2024 & CAWE-CAWE Presiden Jokowi ( Bag. 3 )

Pilpres 2024 & CAWE-CAWE Presiden Jokowi ( Bag. 3 )
Pilpres 2024 & CAWE-CAWE Presiden Jokowi ( Bag. 3 )
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Dengan didampingi oleh Mensesneg Pratikno, Pak Jokowi menjelaskan secara panjang lebar bahwa intinya beliau “tidak tahu menahu” atas apa yang dilakukan oleh Moeldoko.

Memang ini berbeda dari apa yang dibangun oleh Moeldoko dan para pelaku KLB, bahwa rencana pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat yang sah itu mendapatkan “blessing” dari beliau. Sama halnya dengan komentar berbagai kalangan di dalam dan di luar negeri yang menyangsikan jika Pak Jokowi benar-benar tidak tahu. Tetapi, posisi Partai Demokrat, termasuk saya, tetap memercayai dan memegang apa yang disampaikan Pak Jokowi tersebut sebagai kebenaran (truth).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Mengapa cerita ini saya angkat, saya berharap MA tidak begitu saja percaya kalau ada yang memberikan tekanan kepada MA agar memenangkan Moeldoko dan mengalahkan Partai Demokrat yang resmi dan sah, dengan mengatakan bahwa Presiden Jokowi juga merestuinya. Kita tentu tidak ingin Presiden Jokowi difitnah atau dicatut namanya oleh pihak manapun. Dulu, ketika masih memimpin Indonesia, saya juga tidak “happy” kalau difitnah.

Sebagian kalangan berpendapat bahwa di luar Partai Demokrat yang sepertinya tengah diganggu agar tak lagi bisa mencalonkan Anies menjadi Capres, sangat mungkin tekanan dan kerja politik dilakukan untuk membuat Nasdem dan PKS mengurungkan niatnya untuk mencalonkan Anies.

Sebenarnya, masyarakat luas tidak sulit untuk me- ngetahui apa yang bakal terjadi ke depan ini. Di era “digital society” ini, sepertinya tak ada yang tidak diketahui oleh masyarakat. Lihat itu percakapan di media sosial, meskipun sering “offside” karena bercampur aduk antara fakta dengan hoax. Kalau negara merasa apa yang dilakukan itu masyarakat tidak tahu… negara bisa salah. Lebih terang lagi jika kita dengarkan percakapan masyarakat di “warung-warung kopi”. Sekali lagi, rakyat tahu. Jangan under estimate.

(bersambung Bag. 4)

The President Can Do No Wrong: Pilpres 2024 & CAWE-CAWE Presiden Jokowi ( Bag. 4 )

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *