Tersebar Potret Menu Jemaah Haji 2023, Netizen Nilai Tak Layak

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Bisa berangkat ke tanah suci untuk menunaikan haji merupakan impian bagi seluruh umat islam di dunia. Namun, untuk bisa melakukannya butuh persiapan yang matang termasuk kondisi fisik.

Bukan hanya di tanah air, jemaah haji juga harus menjaga kondisi tubuhnya saat telah berada di tanah suci. Karena itu, berbagai fasilitas diupayakan untuk menjaga kenyamanan jemaah agar bisa menunaikan ibadah dengan lancar.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Jemaah Haji Indonesia Mulai Pulang 4 Juli, Barang Bawaan Dibatasi Maksimal 32 Kg
Salah satu yang berpengaruh dengan kondisi tubuh jemaah agar sehat dan kuat adalah asupan makanannya. Meski terdengar sepele, namun konsumsi jemaah haji belakangan ini viral di media sosial.L

Bukan karena tidak mendapat jatah makan, namun sebagian warganet mengeluhkan bahwa menu makanan yang disediakan catering saat di Arafah tampak kurang layak dan tidak bergizi.

“Nggak perlu jadi ahli gizi untuk tau ini nggak layak. Ibadah haji kan butuh banyak energi. Masa iya makannya telat & menunya begini. Bayarnya puluhan juta loh,” cuit netizen pemilik akun Twitter @indiratendi pada Kamis, 29 Juni 2023.

Pemilik akun tersebut mengomentari unggahan akun @adyul93 yang menunjukkan sebuah foto menu makan haji jemaah haji Indonesia yang disediakan untuk hari Selasa, 27 Juni 2023.

Menu makanan jemaah haji yang berupa nasi dengan lauk daging ayam yang dihaluskan, ditambah potongan buncis itu disebut warganet tak layak.

Tak hanya itu, akun @adyul93 juga mengunggah menu makan pagi di Arafah pada tanggal 9 Zulhijah. Ia menyebut bahwa menu itu terdiri dari nasi dengan lauk tempe yang sudah dihaluskan.

Masya Allah, Raja Saudi Undang 1000 Warga Palestina Tunaikan Haji Gratis
Sebagaimana di tahun-tahun sebelumnya, makanan ini disajikan dengan kemasan alumunium foil yang dibuat beberapa sekat untuk tiap menunya.

Melihat menu makanan jemaah haji tahun ini yang tampak sangat sederhana, sebagian warganet membandingkannya dengan menu jemaah haji di tahun-tahun sebelumnya.

Seperti akun @junyeole yang membandingkan menu jemaah haji tahun ini dengan tahun 2022 lalu. Ia membagikan foto paket makanan yang terdiri dari nasi, lauk ayam, dan juga sayuran yang ditumis.

Selain itu, Akun @nasiudukbetawii membalas cuitan tersebut dengan membagikan foto yang disebut menu jemaah haji tahun 2017. Terdapat makanan nasi lengkap dengan lauk ayam goreng dan sayur yang berwarna cerah dan tidak pucat.

Jemaah Lansia Tak Perlu Khawatir, Ada Layanan Badal Lontar Jumroh Gratis
Tak hanya itu, dalam satu paket makanan juga terdapat dua pilihan daging yang dimasak dengan cara berbeda.

“Ternyata beda banget,” balas akun @keinun.

“Betul, ortuku jg haji thn segitu dan menunya kaya gini, itu aja satu regu patungan beli kompor listrik & ada yg bawa alat masak buat masak bareng bumbuin ulang makanannya,” tulis akun @zhaellato.

“bumi dan langit,” tulis akun @CFCown.

Terpisah, akun twitter @AlissaWahid membagikan infografis jadwal menu makanan jamaah haji Indonesia. Lengkap dengan gambar makanan kemasan yang diduga menjadi sajian untuk jemaah haji di tanah suci.

Sederet Artis Ini Ternyata Sudah Naik Haji
Di informasi tersebut, menyebutkan bahwa jemaah akan mendapatkan 5 kali makan di Arafah, 1 paket snack berat di Muzdalifah, dan 10 kali makan saat di Mina.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *