Kultum 154: Zina, Satu dari Tiga Dosa Paling Besar

Zina
Dr. H. Rubadi Budi Supatma, Wakil Ketua Departemen Kelembagaan dan Hubungan Luar Negeri Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia, PP IPHI.
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh karena itu, kita semua haruslah menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan. Kita semua tahu, bahwa begitu mudah dan banyak hati bergejolak yang berawal hanya dari sebuah percikan. Begitu banyak perbuatan zina berawal dari pandangan, lalu masuk ke pikiran, kemudian berhubungan, lalu melangkah ke pertemuan, hingga berlanjut ke perbuatan zina yang terlaknat.

Menurut syariat, hukuman bagi seseorang yang melakukan zina adalah dengan dirajam atau dilempari batu sampai mati. Sedangkan apabila si pelaku adalah seorang yang belum menikah, hukuman zina diganti dengan hukum cambuk sebanyak 100 kali serta diasingkan selama satu tahun.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Allah Subahanhu wata’ala berfirman, “Perempuan yang berzina dan laki-laki yang berzina, maka deralah tiap-tiap seorang dari keduanya seratus kali dera, dan janganlah belas kasihan kamu kepada keduanya mencegah kamu untuk (menjalankan) agama Allah, jika kamu beriman kepada Allah, dan hari akhirat, dan hendaklah (pelaksanaan) hukuman mereka disaksikan oleh sekumpulan dari orang-orang yang beriman” (QS. An-Nur, ayat 2).

Di dalam ayat tersebut, Allah Subhanahu wata’ala memerintahkan kita untuk menghukum para pelaku zina tanpa perlu ada rasa belas kasihan kepada mereka. Lebih dari itu, hukuman ini dilakukan dengan disaksikan di hadapan kaum mukminin yang banyak. Hal ini dilakukan agar bukan saja sebagai hukuman, tapi juga menjadi pembelajaran serta memberi efek jera pada pelaku dan yang menyaksikan. (insyaAllah bersambung)

Semoga sedikit yang kita baca ini menjadi pengingat bagi kita semua, dan kalau sekiranya bisa bermanfaat bagi yang lain, mari kita share kultum ini kepada sanak saudara dan handai taulan serta sahabat semuanya, semoga menjadi jariyah kita semua, aamiin.

اَلْحَمْدُ للَّهِ رَبِّ الْعالَمِينَ

وَالسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Sumber : Ahmad Idris Adh

—ooOoo—

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *