Kampung di Makkah ini Viral, Vibesnya Berasa di Jawa Barat

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pemandangan menarik dan unik terjadi di Tanah Suci, yaitu terdapat sebuah kawasan yang di sekitarnya merupakan perhotelan jamaah haji dari Jawa Barat. Dikenal juga dengan kampung Sunda di Kota Makkah karena mereka datang dari berbagai daerah di Jabar.

Ramainya suasana salah satu wilayah di Makkah yang dipenuhi orang-orang Sunda diabdikan oleh vlogger Alman Mulyana yang juga berasal dari Jawa Barat. Dalam videonya, ia memperlihatkan kawasan ini dipenuhi oleh orang-orang berbahasa Sunda.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Jadi di sini banyak jamaah orang Jawa Barat,” kata Alman Mulyana dalam kanal YouTube-nya.

Para jamaah haji tersebut melakukan berbagai kegiatan di sekitar hotel. Mulai keluar masuk masjid yang ada di sekitar hingga membeli kopiah dengan harga yang sangat terjangkau yaitu jika dirupiahkan seharga Rp100 ribu untuk 6 kopiah.

“Semuanya dari Jawa Barat, benar-benar jadi kampungnya Indonesia di sini,” terang Alman.

Selanjutnya ia menyapa dan berbincang dengan sejumlah jamaah haji yang berasal dari Jawa Barat. Alman pun merasa seperti pulang ke kampung halaman, karena suasananya benar-benar seperti sedang berada di Tanah Air.

Sementara itu dikutip dari keterangan resmi Kementerian Agama, Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyiapkan 108 hotel untuk jamaah haji Indonesia di Makkah.

Hotel-hotel tersebut terletak di lima kawasan yaitu Mahbas Jin sebanyak 17 hotel, Jarwal 10 hotel, Raudlah 15, Misfalah 26 hotel, dan Syisyah 40 hotel. Beberapa di antaranya dihuni jamaah dari Jawa Barat.

Direktur Jenderal Penyelenggaran Haji dan Umrah Kemenag telah menerbitkan keputusan tentang Penempatan Akomodasi Jemaah Haji Indonesia di Makkah dan Madinah 1444 H/2023 M. Penempatan itu didasarkan pada sebaran embarkasi.

“Penempatan itu berdasarkan sebaran embarkasi keberangkatan mereka,” kata Ketua PPIH Arab Saudi Subhan Cholid.

Ia menjelaskan, lokasi hotel di Makkah itu terbagi dalam 11 sektor dan 1 sektor khusus Masjidil Haram. Untuk jamaah asal Jawa Barat menempati wilayah Mahbas Jin.

 

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *