Tanda Kemunduran Bangsa, Rizal Ramli Sentil Elite Kebelet Membangun Dinasti Bisnis-Politik di Indonesia

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ekonom Senior, Rizal Ramli makin keras memberikan kritikannya seputar dinamika perpolitikan tanah air, kali ini terkait dengan kembali hadirnya sinyal politik dinasti di Indonesia.

Ia menyayangkan bagaimana hal tersebut dahulu ditentang keras oleh pejuang malah dimunculkan kembali oleh elite penguasa. Ini seperti memundurkan bangsa dari Indonesia.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Tokoh-tokoh kemerdekaan seperti Bung Karno, Hatta, Agus Salim paham betul bahaya dari feodalisme, yang jadi alat penjajahan dan kemunduran suatu bangsa,” ujarnya dalam twitter, dikutip Selasa (04/07/2023).

Mantan menteri ini mengatakan dinasti politik sangatlah bertentangan tak hanya dengan esensi demokrasi, tetapi juga esensi dari negara berbentuk republik seperti Indonesia.

Menurutnya, hal tersebut karena dinasti politik adalah cerminan dari feodalisme, sesuatu yang memunculkan banyak masalah bagi masyarakat hingga ditentang oleh pejuang bangsa. Kehadiran dinasti politik ini dapat mengancam keberlangsungan demokrasi di Indonesia.

“Hari ini kultur semi-feodal dominan, itulah mengapa etika rusak & KKN ganas. Upaya bangun dinasti bisnis-politik memperkuat feodalisme,” jelasnya.

Diketahui, isu dinasti politik sendiri tengah santer dibicarakan khususnya setelah adanya rencana politis dari Kaesang Pangarep. Keinginannya untuk menjadi wali kota memunculkan anggapan bahwa ia akan menjadi sinyal kehadiran dinasti politik dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Meski begitu, banyak yang menilai bahwa hal ini wajar saja karena demokrasi tak bisa melarang seseorang untuk maju dalam politik termasuk sosok dari Kaesang.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *