Dialami Cak Nun, Inilah Penyebab Pendarahan Otak dan Tanda-Tandanya

Penyebab Pendarahan Otak
Dialami Cak Nun, Inilah Penyebab Pendarahan Otak dan Tanda-Tandanya
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Cendekiawan Muslim Emha Ainun Najib alias Cak Nun mengalami pendarahan otak. Apa yang menyebabkan pendarahan otak? Jadi bagaimana mencegah dan mengobati pendarahan otak?

Sebelum kita masuk ke apa penyebab pendarahan otak, mari kita cari tahu dulu apa itu pendarahan otak.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dikutip dari website resmi RS Hermina, pendarahan otak merupakan salah satu jenis pendarahan otak yang dikenal dengan intracerebral hemorrhage. Kondisi ini terjadi ketika pembuluh darah di otak pecah.

Pendarahan di otak menyebabkan iritasi dan pembengkakan jaringan otak, suatu kondisi yang dikenal sebagai edema serebral. Gumpalan darah dan bekuan darah dapat mencekik jaringan otak dan akhirnya menyumbat aliran darah ke otak. Peredaran darah yang tidak seimbang menyebabkan sel-sel otak kekurangan oksigen sehingga menyebabkan sel-sel otak menjadi rusak dan mati.

Pendarahan otak adalah keadaan darurat yang harus ditangani sesegera mungkin. Seperti dalam beberapa kasus, pasien yang menderita pendarahan otak mengalami kelumpuhan permanen, namun hanya sedikit pasien yang berhasil sembuh tanpa kelumpuhan.

Situs resmi Rumah Sakit Siloam menyatakan bahwa pendarahan otak adalah kondisi yang terjadi ketika arteri di otak pecah dan darah bocor ke jaringan otak. Kondisi ini memerlukan penanganan yang tepat karena dapat menyebabkan komplikasi serius mulai dari penurunan kognitif hingga kelumpuhan.

Perdarahan otak adalah jenis penyakit stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah arteri di dalam otak dan menimbulkan perdarahan lokal hingga kematian sel-sel otak.

Perdarahan di otak menjadi kondisi darurat medis karena dapat menyebabkan kematian sel-sel di dalam otak. Bahkan, bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kondisi ini berisiko menyebabkan berbagai komplikasi serius, seperti pembengkakan otak, gangguan fungsi kognitif, hingga kelumpuhan.

Jenis-Jenis Perdarahan Otak

Berdasarkan lokasinya, perdarahan otak dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Intraserebral, yaitu perdarahan yang terjadi pada jaringan otak. Jenis perdarahan ini dapat menyebabkan pembengkakkan otak hingga gangguan fungsi otak.
  • Subarachnoid, yaitu jenis perdarahan yang terjadi di bawah membran atau selaput pelindung otak. Perdarahan subarachnoid umumnya dipicu oleh aneurisma (pembuluh darah menggelembung), cedera kepala, dan gangguan pembekuan darah.
  • Subdural, yaitu perdarahan yang terjadi di antara lapisan selaput pelindung otak, yaitu duramater dan arachnoid.
  • Epidural, yaitu perdarahan yang terjadi di antara lapisan tulang tengkorak dan duramater (lapisan pelindung otak paling luar).

Penyebab Perdarahan Otak

Adapun sejumlah kondisi medis penyebab perdarahan di otak adalah sebagai berikut:

1. Cedera Kepala

Penyebab pendarahan otak yang pertama adalah cedera kepala. Cedera kepala adalah penyebab perdarahan di otak yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami kecelakaan lalu lintas atau jatuh dari ketinggian.

2. Kelainan Pembuluh Darah

Penyebab pendarahan otak yang kedua adalah kelainan pembuluh darah. Arteriovenous malformations (AVM) adalah kelainan pembuluh darah berupa terbentuknya jalinan tidak normal yang menghubungkan pembuluh darah arteri dan vena. Kondisi ini jarang menimbulkan gejala namun perlu diwaspadai karena bisa menjadi penyebab perdarahan otak secara tiba-tiba.

3. Hipertensi

Penyebab perdarahan otak yang perlu diwaspadai berikutnya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi kronis. Pasalnya, hipertensi yang terjadi dalam jangka panjang dapat melemahkan dinding pembuluh darah sehingga turut meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah di otak.

4. Aneurisma

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *