Ustadz Abdul Somad: Sampaikah Pahala Sedekah Diniatkan untuk Orang yang Meninggal Dunia?, Ini Penjelasannya

Pahala Sedekah Diniatkan untuk Orang yang Meninggal Dunia
Ustadz Abdul Somad
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Ustadz Abdul Somad pernah memberikan ceramah tentang hukum sedekah untuk orang tua yang telah meninggal.

Menurut Ustadz Abdul Somad, memberi sedekah dengan maksud untuk membalas jasa orang tua yang telah meninggal diperbolehkan. Hal ini sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Menurut Ustadz Abdul Somad, pahala sedekah orang tua yang sudah meninggal akan sampai.

Ustadz Abdul Somad menyatakan bahwa memberi sedekah dan memberikan pahala kepada orang tua yang telah meninggal boleh dilakukan dan hukumnya mubah.

Penjelasan Ustadz Abdul Somad tentang hukum sedekah yang melibatkan pemberian hadiah kepada orang tua yang telah meninggal diunggah di kanal YouTube Ask Ustadz Abdul Somad.

“Pahalanya akan sampai kepada ayah atau ibu yang diniatkan, sebagaimana hadits Bukhari yang menyebutkan pahala sampai untuk orang yang dihadiahkan,” terang Ustadz Abdul Somad.

Hal tersebut dikatakan Ustadz Abdul Somad sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dari ‘Aisyah rodhiallahu ‘anha, bahwa ada seorang lelaki yang berkata kepada Nabi SAW.

“Ibuku mati mendadak, sementara beliau belum berwasiat. Saya yakin, andaikan beliau sempat berbicara, beliau akan ber sedekah. Apakah beliau akan mendapat aliran pahala, jika saya ber sedekah atas nama beliau?” Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya. Ber sedekahlah atas nama ibumu.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Itu dalil sedekah boleh untuk orang yang sudah wafat, apa sedekah yang paling afdhol? Nabi bersabda memberi air minum,” kata Ustadz Abdul Somad.

Kemudian Ustadz Abdul Somad menjelaskan, di daerah Arab Saudi tepatnya di Mekkah. Dimana di gang-gang kecil di kota Mekkah banyak ditemukan freezer yang berisi air minum, sama halnya dengan di mesir juga banyak ditemukan orang-orang yang bersedekah air minum.

“Kenapa Nabi Muhammad SAW menyebut sedekah paling afdhol adalah air minum? Karena gurun pasir panas dahaga,” papar Ustadz Abdul Somad.

Namun menurut Ustadz Abdul Somad, semua jenis sedekah bagus, namun yang terbaik adalah bersedekah dengan sesuai yang paling banyak dicari atau dibutuhkan orang lain.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar