Zulhas Komitmen Jadikan PAN Partai Terbuka

banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id — Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas) memandang partai politik (parpol) punya peran sebagai pemersatu bangsa. Untuk itu PAN berusaha keras memperkuat persatuan dengan merangkul semua golongan, termasuk Nadhlatul Ulama (NU).

PAN yang lahir dari rahim Muhammadiyah, seakan memberi kesan sebagai partai yang tertutup. Namun kini PAN bertransformasi menjadi partai terbuka untuk semua umat Islam.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Jadi begini, memang parpol itu fungsinya memajukan peradaban. Oleh karena itu PAN berusaha keras agar umat Islam memperkuat persatuan, bersatu walaupun berbeda,” ujar Zulhas di Jakarta, Rabu (12/7/2023).

Salah satu upaya PAN merangkul semua golongan diwujudkan dengan cara menggelar acara peringatan satu abad NU dengan tajuk “Simposium Nasional” di Hotel Sheraton Surabaya, Jawa Timur, beberapa waktu lalu.

Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), Sekjen PBNU Saifullah Yusuf dan jajaran pengurus PBNU Jatim hadir dalam acara tersebut.

“Beda partai, tetapi harmoni persatuan itu penting. Itu terus saya lakukan selama hampir 2 tahun, terutama mempersatukan, duduk bareng. Mempersatukan artinya bukan sama ya, mendudukkan bareng NU dan Muhammadiyah sudah 2 tahun saya lakukan,” jelasnya.

“(Saya berusaha mendudukkan NU dan Muhammadiyah) mulai dari Kabupaten Lampung, tempat lain terus menerus. Dahulu di Surabaya juga pernah dipimpin Muhammadiyah dalam satu forum duduk bareng (dengan NU),” lanjutnya.

Zulhas menyebut dengan bertransformasinya PAN menjadi partai yang terbuka, diharapkan bisa membuat suasana di masyarakat semakin sejuk, khususnya antara NU dan Muhammadiyah. “Dengan itu masyarakat adem, tenang. Kalau masyarakat tenang, kita bisa membangun gitu. Bahwa soal pilihan-pilihan, terserah masing-masing,” ujar dia.

sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *