Erdogan Tiba, Arab Saudi Membeli Drone Buatan Turki

Arab Saudi Membeli Drone Buatan Turki
Arab Saudi Membeli Drone Buatan Turki
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pemerintah Arab Saudi sepakat membeli drone buatan Turki saat Presiden Recep Tayyip Erdogan berkunjung ke negara tersebut dan bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS).

Kesepakatan pembelian drone dengan Riyadh adalah salah satu dari beberapa kesepakatan menguntungkan yang dibuat Erdogan untuk ekonomi Turki yang sedang berjuang.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Erdogan mengunjungi Arab Saudi saat Ankara memanfaatkan dorongan diplomatik baru-baru ini untuk meningkatkan hubungan dengan negara-negara Teluk. Demikian dilansir Reuters, Selasa (18 Juli 2023).

Laporan kantor berita Saudi SPA menyebut Erdogan dan MBS menghadiri seremoni penandatanganan antara perusahaan pertahanan Turki Baykar dan Kementerian Pertahanan Saudi.

Erdogan tiba di Jeddah, Saudi, pada Senin (17/7) waktu setempat untuk perhentian pertama dalam rangkaian kunjungan ke kawasan Teluk.

Dalam pernyataan via Twitter, Menteri Pertahanan (Menhan) Saudi Pangeran Khalid bin Salman mengungkapkan bahwa Riyadh akan mendapatkan drone-drone ‘dengan tujuan meningkatkan kesiapan Angkatan Bersenjata kerajaan dan memperkuat kemampuan pertahanan dan manufakturnya’.

Namun informasi detail soal nilai kesepakatan itu dan jumlah drone yang akan dibeli tidak disebutkan lebih lanjut oleh SPA.

Investasi dan pendanaan dari kawasan Teluk telah membantu mengurangi tekanan pada perekonomian Turki dan cadangan mata uangnya sejak tahun 2021, ketika Ankara meluncurkan upaya diplomatik untuk memperbaiki hubungan dengan Saudi dan Uni Emirat Arab.

Turki telah berselisih selama bertahun-tahun dengan kedua negara Teluk itu terkait dukungan yang diberikan Ankara terhadap gerakan pro-demokrasi di Timur Tengah dan Afrika Utara, serta pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Istanbul tahun 2018.

Erdogan akan melanjutkan kunjungannya ke Qatar pada Selasa (18/7) waktu setempat, perhentian kedua dari tur Teluk pertamanya sejak terpilih kembali pada Mei lalu. Kemudian pada Rabu (19/7) waktu setempat, Erdogan akan melanjutkan kunjungan ke Uni Emirat Arab.

Laporan SPA juga menyebut bahwa Erdogan dan MBS menghadiri penandatanganan rencana kerja sama pertahanan oleh Pangeran Khalid dan Menhan Turki Yasar Guler. Kedua negara juga menandatangani beberapa nota kesepahaman di berbagai sektor, termasuk energi, real estate dan investasi langsung.

Bulan lalu, Wakil Presiden Turki Cevdet Yilmaz dan Menteri Keuangan Mehmet Simsek berkunjung ke Uni Emirat Arab untuk membahas ‘peluang kerja sama ekonomi’ dengan para mitranya, dan mereka bertemu Presiden Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *