Beda Singapura Lain Indonesia

Beda Singapura Lain Indonesia
bendera Singapura dan Indonesia
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Oleh: Jaka Budi Santosa, Dewan Redaksi Media Group

Hajinews.id – PUBLIK Singapura baru saja dibikin geger. Bukan karena pesta nikah sepasang anjing dengan biaya hingga Rp200 juta tentu saja, melainkan lantaran sejumlah skandal yang melibatkan pejabat negeri mereka.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Skandal pertama terjadi Mei lalu. Pelakunya ialah Menteri Luar Negeri Vivian Balakrishnan serta Menteri Hukum dan Dalam Negeri K Shanmugam. Keduanya disorot karena menyewa dua bungalo di kawasan mewah Ridout Road di bawah harga pasar.

Saking hebohnya, PM Lee Hsien Loong memerintahkan penanganan khusus masalah itu, termasuk melibatkan lembaga antikorupsi. Namun, tak ditemukan potensi penyalahgunaan kekuasaan, tak didapati konflik kepentingan di sana. Kedua menteri aman.

Setelah kasus bungalo, ada skandal lebih besar, lebih serius, lebih jelas dugaan korupsinya. Pelakunya ialah Menteri Transportasi S Iswaran dan menyeret taipan properti Malaysia yang berbasis di Singapura, Ong Beng Seng. Iswaran bahkan sudah ditangkap pada 11 Juli, tapi dibebaskan sehari berselang dengan jaminan. Lalu, PM Lee Hsien Loong memintanya cuti.

Skandal yang tak kalah menghebohkan datang dari rumah legislatif. Pada Senin (17/7), Ketua Parlemen Singapura Tan Chuan Jin mundur setelah perselingkuhannya dengan sesama anggota parlemen, Cheng Li Hui, terkuak. Keduanya berasal dari partai yang sama, People’s Action Party. Tan, 54, punya dua anak, sedangkan Cheng, 47, masih single.

Sehari berikutnya, video yang memperlihatkan ‘kedekatan’ anggota parlemen dari Partai Buruh bernama Leon Perera dan sesama anggota partai, Nicole Seah, tersebar. Perera dan Seah mengundurkan diri, dan kasus itu tengah diselidiki.

Singapura negara sekuler. Namun, mereka menjunjung amat tinggi moral. Mereka mengedepankan kepantasan, kepatutan sikap dan perilaku, terlebih buat para pejabatnya. Berselingkuh dan korupsi bertentangan dengan moral dan kepantasan. Karena itu, tak aneh jika kasus-kasus tersebut menjadi sorotan tajam rakyat Singapura.

Dari empat skandal, kiranya perkara korupsi Menteri Transportasi yang paling mendapatkan atensi. Tak cuma publik negeri jiran, masyarakat dunia mencermati. Media internasional semisal The Guardian, Nikkei, CNN, hingga Time merasa perlu mewartakannya.

Korupsi di Singapura memang langka. Time membuat judul A Singapore Cabinet Minister Faces the Country’s Most Serious Graft Probe Since 1986. Ya, kasus korupsi yang melibatkan menteri ‘Negeri Singa’ ini kali pertama terjadi dalam 37 tahun terakhir. Hampir empat dekade.

Singapura adalah termasuk negara paling bersih dari korupsi di dunia. Di sana, kasus korupsi hal yang aneh. Di sana, memangsa uang rakyat benar-benar perbuatan laknat. Di sana, korupsi adalah musuh utama dalam arti sebenarnya. Bukan seolah-olah, bukan katanya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *