Anies Sebut Calon Wakil Presidennya Harus Penuhi ‘Kriteria 0’, Rocky Gerung : ini Namanya

cawapres Anies
Rocky Gerung
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Pengamat politik dan akademisi Rocky Gerung menjawab pertanyaan kriteria 0 Calon Wakil Presiden (cawapres) Anies Baswedan sebagai permintaan tambahan.

Menurut Rocky, selain kriteria nol, nama yang berpotensi menjadi cawapres Anies adalah Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Ketua Umum Partai Demokrat.

“Itu dari segi potensi tentu AHY ada di depan. Dan Anies dia memerlukan seseorang yang lepas dari segala macam kontroversi,” ujar Rocky, dikutip Suara Liberte dari kanal YouTube pribadi pada Jumat (21/7/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Rocky mengatakan AHY dipastikan bebas dari permasalahan korupsi dan nepotisme karena dia tidak pernah menjadi pejabat. “Ya pasti, AHY tidak pernah jadi pejabat. Dia lepas dari semua soal itu,” ujarnya.

Sementara itu, AHY juga dianggap telah terbukti berani melalui keputusannya berhenti dari dunia militer dan masuk ke wilayah sipil.

“Yang kedua kalo soal pemberani ya jelas AHY dia bahkan memutuskan untuk berhenti dari militer tempat dia dilatih untuk masuk ke dalam wilayah masyarakat sipil. Itu satu keputusan yang berani tuh karena dia berhitung pada waktu itu bahwa dia sangat mungkin tidak akan mencapai potensi tertinggi seperti ayahnya jadi jenderal,” jelas Rocky.

Sebelumnya, Anies sempat mengungkapkan lima kriteria bakal calon wakil presidennya. Kriteria tersebut adalah dapat membantu kemenangan, dapat membuat koalisi menjadi solid, bisa membantu proses pemerintahan, memiliki visi yang sama, dan berkepribadian baik serta memiliki kemistri yang baik dengannya.

Namun, diakui Anies seiring berjalannya waktu, dia merasa perlu menambahkan kriteria nomor nol yaitu tidak bermasalah dan pemberani.

“Saya rasa dalam perjalanannya kelihatannya ada kriteria nomor 0. Dulunya saya memasukkan itu, yaitu tak bermasalah dan berani. Karena, kalau ada masalah, mudah sekali kesandung sekarang ini,” ujar Anies Baswedan kepada wartawan, Kamis (20/7/2023), dikutip dari Suara.com.

Sumber

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *