6 Keutamaan Surat Yasin: Pahalanya Setara Dengan Membaca Al Quran Sebanyak 10 Kali

Keutamaan Surat Yasin
Keutamaan Surat Yasin
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Surat Yasin merupakan jantung dari Al-Qur’an sehingga sangat penting untuk rutin membacanya. Surat Yasin memiliki banyak Keutamaan. Pada artikel ini, kita akan mengulas 6 keutamaannya.

Keutamaan ini sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW. Menurut statistik, 10 dari mereka telah membaca Quran. Apalagi jika Yasin dibacakan secara rutin, maka orang tersebut mati syahid.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Keutamaan Surat Yasin Beserta Dalilnya

Berikut ini 6 keutamaan surat Yasin berdasarkan buku Al-Itqan fi Ulumil Qur’an (2021) oleh Imam Jaluddin al-Suyuthi dan situs unzah.ac.id.

  1. Seperti 10 Kali Baca Al Quran

Membaca Surat Yasin satu kali akan dihitung seolah-olah membaca Al Qur’an sebanyak 10 kali.

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: “إن لكل شيء قلبه، وقلب القرآن يس. ومن قرأ يس كتب الله له بقراءتها قراءة

القرآن عشر مرات”

Berdasarkan riwayat At-Tirmidzi dan ad-Darimi, dari hadits Anas, “Sesungguhnya segala sesuatu itu memiliki jantung, dan jantung Al Qur’an adalah surat Yasin. Barang siapa membaca surat Yasin maka Allah Ta’ala akan mencatat pahala untuknya seolah-olah dia membaca Al Qur’an sepuluh kali.”

  1. Jantungnya Al Quran

Diriwayatkan Abu Dawud, an-Nasa’i, Ibnu Hibban, dan yang lainnya dari hadits Mi’qal bin Yasar, “Surat Yasin adalah jantung Al Qur’an.

Tidaklah seseorang membacanya dengan mengharap ridha Allah Ta’ala dan kampung akhirat, kecuali Allah Ta’ala mengampuni dosanya. Bacalah surat Yasin untuk orang-orang yang mati di antara kalian.”

  1. Diampuni Dosanya

Ad-Darimi dan ath-Thabrani meriwayatkan dari hadits Abu Hurairah, Nabi SAW bersabda “Barangsiapa membaca surat Yasin pada suatu malam karena mencari keridhaan Allah Ta’ala maka Allah akan mengampuninya.”

  1. Meringankan Siksa Kubur

Membaca surat Yasin juga bisa meringankan siksa kubur bagi orang yang telah meninggal.

مَنْ دَخَلَ المْقَابِر وَقَرَأَ سُوْرَةَ يَس خَفَّفَ عَنْهُمْ يَوْمَئِذٍ وَكَانَ لَهُ بِعَدَدِ مَنْ فِيْهَا حَسَنَاتٍ

Artinya: Barangsiapa yang mendatangi makam lalu membaca surat Yasin, maka pada hari itu Allah meringankan siksaan mereka, dan bagi yang membacanya mendapat kebaikan sejumlah penghuni kubur di makam itu.

  1. Dibacakan Saat Sakaratul Maut

Surat Yasin disunnahkan untuk dibaca kepada orang yang hendak meninggal dunia. Ma’qil bin Yassar meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

اَلْبَقَرَةُ سَنَامُ القُرْآنِ، وَاسْتُخْرِجَتْ “اللّٰهُ لاَإِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ” مِنْ تَحْتِ الْعَرْشِ، وَ (يس) قَلْبُ القُرْآنِ، لَا يَقْرَؤُهَا رَجُلٌ يُرِيْدُ اللّٰهَ تَبَارَكَ وَتَعَالَى وَالدَّارَ الآ خِرَةَ إِلَّا غُفِرَلَهُ، إِقْرَءُهَا عَلَى مَوْتَاكُمْ. يَعْنِيْ (يس)

Artinya: Al-Baqarah adalah punuknya Al Qur’an dan ayat (ini) dikeluarkan dari bawah arsy, yaitu: اللهُ لَآ إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَالْحَىُّ الْقَيُّومُ Sedangkan surat Yasin adalah inti dari Al Qur’an. Tidaklah seseorang yang membacanya dengan niat menginginkan Allah dan akhirat melainkan ia akan diampuni. Bacakanlah ia pada orang-orang yang hendak meninggal di antara kalian. (HR. Ahmad).

  1. Mati Syahid

Membaca surat Yasin secara rutin memiliki keutamaan bahwa orang tersebut akan meninggal dengan mati syahid.

Ath-Thabrani meriwayatkan dari hadits Anas, Rasulullah SAW bersabda “Barangsiapa membiasakan diri membaca surat Yasin setiap malam sampai meninggal, maka dia meninggal dalam keadaan syahid.”

Demikian tadi 6 keutamaan surat Yasin yang bisa didapatkan ketika dibaca oleh setiap Muslim beserta dalil haditsnya. Wallahu a’lam.

 

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 Komentar