7 Makanan Yang Harus Anda Makan Agar Berumur Panjang

Makanan Yang Harus Anda Makan Agar Berumur Panjang
sayuran dan buah-buahan
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Meski kematian adalah suatu keniscayaan, umur panjang bisa dibilang menjadi harapan semua orang. Tahukah Anda bahwa makanan tertentu dapat memperpanjang umur Anda?

Kuncinya adalah menghindari makanan olahan yang tinggi lemak, gula, dan natrium tidak sehat, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan. Seringkali, diet menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk hidup sehat, namun jika dilakukan secara tidak benar, justru bisa mematikan bagi tubuh.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Makanan yang memperpanjang hidup menyediakan sumber fitokimia dan flavonoid yang kaya, yang mengandung sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan anti-kanker.

Berikut adalah ringkasan dari apa yang perlu Anda ketahui Ingin berumur panjang? Apa saja 7 makanan ini?

1. Konsumsi kacang-kacangan

Makanan Penurun Gula Darah
Kacang-kacangan

Siapa sangka, kacang-kacangan berkontribusi dalam memperpanjang usia. Jenis kacang-kacangan yang dapat dikonsumsi ini ialah kacang almond, kacang tanah, hazelnut, dan pistachio.

Kacang-kacangan kaya akan lemak tak jenuh, serat, antioksidan, vitamin, dan mineral tertentu yang meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol berat badan, dan membantu memperpanjang umur.

Tahukah kamu bahwa meningkatnya seseorang terkena risiko penyakit penyakit jantung, diabetes, dan stroke dapat diakibatkan oleh sindrom metabolik alias sindrom resistensi insulin.

Melansir Oxford Academic, dalam sebuah jurnal dengan melakukan uji coba acak tahun 2020 melibatkan 5.800 pria dan wanita dengan sindrom metabolik selama setahun menemukan bahwa dengan meningkatnya konsumsi kacang-kacangan, kemunculan tanda-tanda tertentu untuk sindrom metabolik menurun.

2. Makan sayuran dan buah-buahan

Sayuran Yang Harus Dihindari Saat Asam Urat Kumat
Sayuran. Foto: pixabay

Masyarakat Indonesia masih rendah dalam mengonsumsi buah-buahan. Dilansir data dari Badan Pusat Statistik, rata-rata masyarakat Indonesia mengonsumsi buah sebesar 81,14 gram per hari di tahun 2021, namun jumlah tersebut hanya 54,09% dari batas minimal angka kecukupan gizi WHO.

Sedangkan, dalam jurnal penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine pada tahun 2022 menemukan bahwa konsumsi buah dan sayuran yang lebih tinggi dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah dari sebuah penyebab termasuk penyakit jantung dan kanker.

Kamu dapat mengonsumi buah-buahan secara langsung, dijadikan jus segar, salad, atau hidangan makanan olahan dengan syarat tetep memperhitungkan penggunaan kadar penyedap.

3. Mengonsumsi lebih rendah daging-dagingan

Makanan Penyebab Kadar Purin Tinggi
Daging Merah

Nutrisi pada daging memang dibutuhkan untuk tubuh, akan tetapi mengonsumsi daging-dagingan dalam jumlah besar meningkan risiko penyakit jantung lantaran kandungan lemak hewani di dalamnya.

Melansir dalam jurnal penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine pada tahun 2016 menjelaskan bahwa lima area di mana penduduknya hidup paling lama dan sehat ditemukan di Okinawa, Jepang hingga Ikaria, Yunani.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar