Nasihat Bill Gates: Janganlah Bekerja Terlalu Keras

Janganlah Bekerja Terlalu Keras
Bill Gates
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.idBill Gates dikenal bekerja sangat keras dan mendirikan Microsoft di usia muda. Sebagai CEO Microsoft, Bill Gates memiliki jadwal yang sangat sibuk sehingga dia bahkan mengirimkan permintaan kepada karyawan pada pukul 2 pagi.

Hanya dengan melihat jadwal pribadi CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett, Gates belajar untuk mengurangi kerja keras dirinya dan karyawannya.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

“Setiap menit padat dan saya pikir itulah satu-satunya cara Anda dapat melakukan sesuatu. Saya ingat Warren menunjukkan kalendernya, dia memiliki hari-hari yang tidak ada jadwal apa-apa,” katanya, dikutip detikINET dari CNBC.

Jadwal Buffett yang jarang-jarang itu mengajarkan Gates pelajaran penting. “Anda mengontrol waktu Anda. Ini bukan perwakilan dari keseriusan Anda jika Anda isi setiap menit dalam jadwal Anda,” katanya.

“Pada dasarnya saya bisa membeli apapun yang saya inginkan, tapi tidak bisa membeli waktu,” tambah Buffett yang diwawancarai bersama sang pendiri Microsoft pada tahun 2017.

Metode Buffett yang intinya adalah bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras sebenarnya didukung oleh sains. Kemahiran pekerja menurun drastis ketika mereka bekerja lebih dari 50 jam per minggu, menurut sebuah studi Universitas Stanford tahun 2014.

Menurut studi itu, orang yang bekerja hingga 70 jam seminggu mendapatkan jumlah pekerjaan yang sama dengan mereka yang menatap laptop selama 55 jam.

Gates bukan satu-satunya CEO yang mempelajari pelajaran itu dengan cara yang sulit. Misalnya, CEO Tesla Elon Musk yang sebelumnya mengatakan secara teratur bekerja semalaman untuk bekerja, sekarang tidur setidaknya enam jam per malam.

“Saya telah mencoba tidur lebih sedikit, namun meski bangun lebih lama, saya menyelesaikan lebih sedikit. Dan tingkat nyeri otak memburuk jika saya tidur kurang dari enam jam tidur per malam,” cetus Elon.

Gates sendiri butuh bertahun-tahun untuk menemukan keseimbangan kehidupan kerja yang sehat. “Ketika saya seusiamu, saya tak percaya pada liburan. Saya tidak percaya pada akhir pekan. Saya juga tidak percaya orang yang bekerja dengan saya harus melakukannya,” kata Gates dalam pidato pada mahasiswa.

“Jangan menunggu selama saya mempelajari pelajaran ini. Luangkan waktu untuk memelihara hubungan Anda, untuk merayakan kesuksesan, dan untuk pulih. Beristirahatlah saat Anda membutuhkannya. Tenangkan orang-orang di sekitar Anda saat mereka membutuhkannya juga,” katanya.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *