Hampir Mangkrak, Wamen BUMN Buka-bukaan Soal Kereta Cepat JKT-BDG 

Kereta Cepat JKT-BDG mangkrak
Kereta Cepat JKT-BDG
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Proyek kereta api cepat Jakarta-Bandung hampir mangkrak, ungkap Wakil Menteri BUMN Kartika Virjoatmojo. Pria yang akrab disapa Tiko itu mengatakan, menyelesaikan proyek kereta api cepat adalah tugasnya saat dilantik sebagai Wakil Menteri BUMN.

“Saya ditugasin waktu dipanggil jadi wamen salah satu tugas pak presiden saya mesti menyelesaikan barang ini, yang waktu itu 2019 nyaris mangkrak,” katanya dalam acara InJourney Talks, Selasa (1/8/2023).

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Dengan kondisi itu, ia pun membuat pemetaan supaya proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung kembali jalan. Ia melakukan negosiasi dengan pihak China, termasuk menyelesaikan tantangan konstruksi terowongan yang ambrol.

“Ya kita bikin PMO besar dengan berbagai komponennya, ada yang ngurusi mengenai civil works-nya, sarananya, stasiunnya, integrasi teknologinya, negosiasi keuangan dengan China, mengubah Perpres. Sekarang ini juga negosiasi sama CDB belum selesai, masih finalisasi untuk cost overrun financing sebentar lagi baru selesai,” terangnya.

Dengan berbagai langkah yang dijalankan, ia mengatakan, Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan segera beroperasi. Dia mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengkonfirmasi akan naik kereta ini pada 1 September dan kemungkinan diresmikan bersama dengan PM China 6 September.

“Dan kita confirm 1 September Pak Presiden mau naik, tanggal 6 mungkin akan di-inaugurate dengan PM China,” kata Tiko.

“Dalam 3 setengah tahun dari mangkrak sekarang akan beroperasi dengan berbagai macam tantangannya,” sambungnya.

Sumber: detik

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *