7 Jenis Ikan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi

Ikan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Kolesterol Tinggi
Ikan teri
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – 7 Ikan yang tidak boleh dimakan Penderita Kolesterol Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Cari tahu lebih lanjut. Hanya dengan begitu penderita dapat lebih aman dan sehat.

Kolesterol pada dasarnya adalah senyawa lemak berlilin yang diproduksi setiap hari, namun banyak juga makanan yang mengandung kolesterol, terutama yang berasal dari sumber protein hewani.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Oleh karena itu, penting untuk berhati-hati memilih jenis makanan yang Anda konsumsi, termasuk ikan, karena berpotensi berkontribusi terhadap kolesterol darah tinggi atau hiperkolesterolemia. Kondisi ini terjadi akibat kadar lemak dalam darah yang lebih tinggi dari normal, sehingga berisiko menimbulkan kondisi berbahaya seperti serangan jantung dan stroke.

7 Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dimakan oleh Penderita Kolesterol

Lantas, ikan apa saja yang berpotensi memicu kolesterol tinggi? Berikut adalah 7 jenis ikan yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol:

1. Ikan Sarden

Ikan yang Paling Sehat
Ikan sarden

Ikan sarden merupakan ikan yang banyak dikonsumsi karena banyak dijual dalam bentuk kalengan. Namun, ikan sarden memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dibanding jenis ikan lainnya, yang 100 gramnya mengandung 142 mg kolesterol.

Sementara kandungan kalorinya dalam 100 gram ada 208, protein 24,6 gram, dan lemak jenuh 1,53 gram.

2. Ikan Bawal

Ikan bawal ada beberapa jenis, ada yang hidup di air tawar dan ada yang hidup di laut. Sementara, ikan bawal yang sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita kolesterol adalah ikan bawal yang hidup di air tawar. Karena ikan ini memiliki kandungan kolesterol 120 mg per 100 gramnya.

3. Ikan Tongkol

Ikan tongkol juga salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi rumah tangga. Ikan ini termasuk yang memiliki jumlah kolesterol tinggi. Dalam 100 gram ikan tongkol mengandung 102 mg kolesterol.

4. Ikan Teri

 

Ikan teri merupakan salah satu ikan yang paling sering dikonsumsi, karena rasanya yang enak, mudah didapat dan harganya cukup terjangkau ketimbang ikan jenis lain. Sayangnya, Bberdasarkan Nutritionix, ikan teri merupakan salah satu jenis ikan dengan kadar kolesterol tinggi. Dalam 100 gram ikan teri mengandung 85 mg kolesterol.

5. Ikan Trout

Ikan trout juga memiliki kadar kolesterol tinggi yakni mencapai 70 mg dalam 100 gram ikan trout. Sementara kandungan kalorinya 168, protein 23,8 gram, dan lemak jenuh 1,65 gram.

6. Ikan Salmon

Ikan salmon termasuk jenis ikan yang sangat nikmat dikonsumsi, banyak yang menggemari salmon karena rasa maupun khasiatnya. Namun, ikan ini juga memiliki kadar kolesterol tinggi yakni 63 mg dalam 100 gram ikan salmon. Kalorinya 206, protein 22,1 gram, dan lemak jenuh 2,4 gram.

7. Ikan Lele

Ikan lele juga salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi, banyak juga dijajaki oleh pedagang makanan kaki lima. Ternyata, ikan lele memiliki kandungan kolesterol sampai 59 mg dalam 85 gram ikan lele. Selain kandungan lemak, hal lain yang membuat ikan lele tidak boleh dikonsumsi penderita kolesterol adalah jumlah lemaknya 12,35 gram dan kalorinya 204.

Demikianlah 7 jenis ikan yang tidak boleh dimakan oleh penderita kolesterol beserta penjelasan kandungannya, yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *