Cara Membuat Doa Mustajab, Mudah Dikabulkan Setelah Salat Tahajud di Malam Hari

doa salat tahajud
doa salat tahajud
banner 678x960

banner 678x960

Daftar Donatur Palestina



Hajinews.id – Salat tahajud merupakan salat sunah yang sangat dianjurkan dan dilakukan di sepertiga malam.

Karena pada saat salat tahajud dilakukan, ada waktu mustajab untuk berdoa, sehingga doa cepat terkabul.

Bacaan Lainnya
banner 678x960

banner 400x400

Oleh karena itu, sepertiga malam adalah waktu yang dianjurkan untuk membaca doa salat tahajud yang mustajab.

Dirangkum dari laman Rumaysho, penjelasan mengenai hal tersebut dapat dilihat dari keterangan dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ فِى اللَّيْلِ لَسَاعَةً لاَ يُوَافِقُهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ خَيْرًا مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ إِلاَّ أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ

Artinya: “Di malam hari terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah berkaitan dengan dunia dan akhiratnya bertepatan dengan waktu tersebut melainkan Allah akan memberikan apa yang ia minta. Hal ini berlaku setiap malamnya.” (HR. Muslim no. 757)

Hal tersebut dapat pula dilihat dari keterangan yang disampaikan Abu Hurairah yang menyampaikan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يَتَنَزَّلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ ، مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ ، وَمَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Artinya: “Rabb kita tabaroka wa ta’ala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata: ‘Siapa yang berdoa pada-Ku, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta pada-Ku, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun pada-Ku, pasti akan Kuampuni’.” (HR. Bukhari no. 6321 dan Muslim no. 758). Muhammad bin Isma’il Al Bukhari membawakan hadits ini dalam Bab ‘Doa pada separuh malam’. Imam Nawawi menyebutkan judul dalam Shahih Muslim Bab ‘Dorongan untuk berdoa dan berdzikir di akhir malam dan terijabahnya doa saat itu’.

Ibnu Hajar menjelaskan, “Bab yang dibawakan oleh Al Bukhari menerangkan mengenai keutamaan berdoa pada waktu tersebut hingga terbit fajar Shubuh dibanding waktu lainnya.” (Fathul Bari, 11/129)

Ibnu Baththol berkata, “Waktu tersebut adalah waktu yang mulia dan terdapat dorongan beramal di waktu tersebut. Allah Ta’ala mengkhususkan waktu itu dengan nuzul-Nya (turunnya Allah). Allah pun memberikan keistimewaan pada waktu tersebut dengan diijabahinya doa dan diberi setiap yang diminta.” (Syarh Al Bukhari, 19/118)

Penjelasan lengkap mengenai keutamaan waktu sepertiga malam sebagai waktu untuk doa salat tahajud yang mustajab tersebut dapat dilihat di laman Rumaysho

Lantas, apa doa salat Tahajud yang mustajab yang bisa dilafazkan agar menjadi doa setelah salat Tahajud agar cepat dikabulkan Allah SWT tersebut?

Sebelum itu, perlu dipahami dulu terkait hal-hal penting yang menjadi sebab mudahnya terkabulnya sebuah doa.

Sebelum mengulas tentang doa salat Tahajud dan Witir di malam hari, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui apa saja faktor-faktor penting yang menjadi sebab terkabulkannya doa.

Sehingga bisa memahami apa itu doa setelah salat Tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT tersebut.

Dirangkum dari laman Muslim.or.id, sedikitnya ada empat faktor penting yang harus deketahui untuk syarat doa setelah salat Tahajud agar cepat dikabulkan oleh Allah SWT sebagai berikut:

Empat faktor agar doa setelah tahajud cepat dikabulkan :

Pertama, orang yang memanjatkan doa salat Tahajud dan Witir tersebut harus mengikhlaskan doa tersebut untuk Allah SWT.

Haruslah konsisten (istiqamah) dan menjauhi kemusyrikan.

banner 800x800

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *